Menelusuri Pesantren Langitan dan Berziarah di Makam para Masyayik

 
Menelusuri Pesantren Langitan dan Berziarah di Makam para Masyayik
Sumber Gambar: Koleksi Laduni.ID

Sekilas Sejarah
LADUNI.ID, Jakarta - Pesantren Langitan merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang berada di Tuban, tepatnya di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping Bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektare.

Pondok Pesantren Langitan ini didirikan pada tahun 1852 oleh KH. Muhammad Nur berawal dari sebuah surau kecil, KH. Muhammad Nur mengajarkan pendidikan agama pada kerabat dekat keluarga dan warga sekitarnya.

Perjalanan Pondok Pesantren Langitan dari periode ke periode selanjutnya senantiasa memperlihatkan peningkatan yang dinamis dan signifikan namun perkembangannya terjadi secara gradual dan kondisional. Bermula dari masa KH. Muhammad Nur yang merupakan sebuah fase perintisan, lalu diteruskan masa KH. Ahmad Sholeh, dan KH. Muhammad Khozin yang dapat dikategorikan periode perkembangan. Kemudian berlanjut pada kepengasuhan KH. Abdul Hadi Zahid, KH. Ahmad Marzuqi Zahid dan KH. Abdullah Faqih

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN