Haul Masyayikh Bulanan, Keluarga KH. Abdul Muchit Muzadi Berikan Apresiasi ke Laduni.ID

 
Haul Masyayikh Bulanan, Keluarga KH. Abdul Muchit Muzadi Berikan Apresiasi ke Laduni.ID
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Haul Masyayikh perdana yang diselenggarakan oleh Laduni.ID kemarin, Kamis malam (30/9/2021) merupakan perwujudan rasa hormat kepada para ulama yang telah mengabdikan usianya untuk agama Allah, salah satunya ialah pengamalan ilmu agama yang dimiliki.

Event yang rencananya akan diadakan pada minggu keempat setiap bulan ini merupakan tindaklanjut dari biografi ulama yang terhimpun di database Laduni.ID. Event ini diisi dengan pembacaan tahil, doa, dan pembacaan riwayat hidup dari ulama yang wafat pada bulan tersebut.

Pada haul kemarin, Laduni.ID mendoakan sebanyak 22 ulama yang wafat di bulan September. Diantaranya ialah KH. Abdul Muchit Muzadi, Syekh Ihsan al-Jampesi, KH. Abdullah Syafi’ie al-Batawie, KH. Abdullah Schal Bangkalan, Syekh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin (Abah Anom), KH Muhammad Martain Karim, KH. Cholil Nawawi, Al-Habib 'Abdullah bin Alwi Al-Haddad, Imam ad-Daraquthni, Sayyid Muhsin al-Musawa, KH. Suyuthi Abdul Qodir, Tuan Guru Haji (TGH) Muchammad Soleh Hambali (Tuan Guru Bengkel), KH. Muhammad Idris Kacangan, Habib Mundzir Bin Fuad al-Musawa, KH. Drs. Totoh Abdul Fatah Ghazali S.H, KH. Imam Syuhada’, KH. Iskandar Umar Abdul Latif, Dr. H. Saefullah., M.Pd, KH. Anwar Alwi Paculgowang, KH. Sulaiman Zuhdi Affandi, KH. Mohammad Tolhah bin Sulaiman, dan Syekh Muhammad Kasyful Anwar Martapura.

Haul Masyayikh diadakan secara virtual zoom dan disiarkan melalui kanal Youtube yang dihadiri masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Antusiasme hadirin dalam mendoakan para ulama dan rasa cinta mereka terhadap guru-guru yang telah wafat begitu besar.

Dengan seizin dari pihak keluarga, Laduni.ID juga membacakan biografi dari KH Abdul Muchit Muzadi, salah satu ulama yang wafat di bulan September. Hadir pula dari pihak keluarga, Dr. Alvian Futuhul Hadi, S.Si., M.Si yang merupakan anak dari KH Abdul Muchit Muzadi.

Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih banyak kepada Laduni.ID yang telah mengadakan haul masyayikh bulanan ini. Sebab dengan begitu masyarakat, muhibbin, santri, dan keluarga dapat mengingat sosok dan perjuangan KH Abdul Muchit Muzadi. 

Dr. Alvian juga mengingatkan banyak pesan-pesan ayahandanya kepada hadirin haul masyayikh bulanan. Harapannya supaya masyarakat dapat meneladani sosok KH Abdul Muchit Muzadi. Dirinya sebagai perwakilan dari pihak keluarga juga meminta maaf jika ada suatu hal yang kurang berkenan di hati masyarakat.

Hari Usmayadi, Founder Laduni.ID dalam sambutannya mengatakan bahwa selain haul masyayikh yang diadakan setiap bulan ini, Laduni.ID juga memiliki inovasi berupa phon sanad dan nasab dari ulama-ulama Ahlussunnah wal Jamaah.

Cak Usma, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa kedepannya Laduni.ID juga akan membuat inovasi-inovasi yang akan memudahkan pembaca dalam mencari informasi yang diinginkan. Saat ini, Laduni.ID memiliki tiga pondasi yang menjadi pembeda dengan portal berita keislaman lainnya, yaitu pondasi biografi ulama, pondasi informasi pondok pesantren, dan pondasi kitab-kitab yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Cak Usma juga meminta doa dari seluruh masyarakat Indonesia, supaya Laduni.ID dapat terus istiqamah dalam memberikan yang terbaik bagi khazanah intelektual ke-Islam-an di Indonesia.


Editor: Daniel Simatupang