KH. Anwar Zahid: Jangan Pernah Sepelekan Amalan Kecil

 
KH. Anwar Zahid: Jangan Pernah Sepelekan Amalan Kecil
Sumber Gambar: Tribun Ponorogo

Laduni.ID, Jakarta – Beramal shaleh kepada siapapun bisa mendatangkan ridha dan rahmat Allah SWT, baik itu amalan-amalan kecil seperti menyingkirkan kerikil di jalan supaya orang lain nyaman, atau amalan besar seperti menyantuni anak yatim. Sebab tidak ada yang pernah mengetahui, amalan seperti apa yang akan mendapat rahmatnya Allah.

“Kadang-kadang yang kita anggap remeh itu, malah bisa mendatangkan ridhonya Allah. Itu yang bisa menuntun anda menuju pergi ke Surga,” dawuh KH Anwar Zahid sebagaimana dikutip dari unggahan Youtube Ngaji Hijrah.

Amalan kecil lainnya yang sangat mudah untuk dilakukan ialah menjenguk tetangga yang sakit, ikut mendoakan bagi kesembuhannya, dan tetap menjalin tali silaturahmi. Jangan karena satu dua hal berbeda malah menjadikan kita dengan angkuh dan sombong tidak menjenguk tetangga yang sakit.

“Jangan terus karena perkara beda partai, beda pilihan, beda pilihan calon Gubernur, beda calon Bupati. Tetanggamu sakit tidak disambangi atau dikunjungi,” kata KH Anwar Zahid.

Begitu juga ketika kita memberikan kenyamanan pada orang lain, misalnya jika melihat di jalan ada paku, pecahan kaca, batu, atau hal apapun yang membahayakan maka alangkah baiknya untuk disingkirkan. Sebab dengan begitu akan memberikan kenyamanan pada orang lain dan mencegah terjadi suatu mudharat bagi orang lain.

“Loh, perkara begitu sepertinya sepele, tapi jangan kamu remehkan. Justru kadang-kadang hal itu yang bisa mendatangkan rahmatnya Allah. Meskipun amalan kecil kalau Allah menerima, bisa menuntun ke jalan Surga,” kata beliau.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَلَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِ بَعْدَ اِصْلَاحِهَا وَادْعُوْهُ خَوْفًا وَّطَمَعًاۗ اِنَّ رَحْمَتَ اللّٰهِ قَرِيْبٌ مِّنَ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya: “Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut dan penuh harap. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Al-A’raf: 56)

Di sisi lain, melakukan amalan kecil yang dilakukan akan kembali kepada diri sendiri dalam berbagai bentuk. Sebagaimana Allah firmankan dalam Al-Qur’an:

اِنْ اَحْسَنْتُمْ اَحْسَنْتُمْ لِاَنْفُسِكُمْ ۗوَاِنْ اَسَأْتُمْ فَلَهَاۗ

Artinya: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri.” (QS. Al-Isra’: 7)

Oleh karena itu jangan pernah meremehkan perkara kecil yang dilakukan, seperti memberi makan kucing yang kelaparan, membantu seseorang menyebrang jalan, atau bahkan menyingkirkan ranting yang menghalangi jalan. Sebab kita tidak akan tahu, amala pa yang akan menuntun kita ke surga.


Editor: Daniel Simatupang