Biografi KH. Kholil As’ad Samsul

 
Biografi KH. Kholil As’ad Samsul
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Masa Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Karier
4.1       Karier Beliau

5         Metode Dakwah   
5.1      Metode Dakwah Sabung Ayam

6          Referensi

7.        Chart Silsilah Sanad

1          Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

Muhammad Kholil nama lengkap yang diberikan oleh ayahandanya. Nama ini diperoleh dari tafaulan atau meminta nama kepada Syeikhona Muhammad Kholil bin Abdul Lathif Bangkalan. Muhammad Kholil merupakan anak dari pasangan suami istri yakni KH. Raden As’ad Syamsul Arifin dengan Ibu Nyai Hj. Zainab.

1.2       Riwayat Keluarga

KH. Kholil As’ad Samsul kembali ke Indonesia pada tahun 1992 beliau langsung dinikahkan dengan Ning Nur Waqiyah Sufyan putri dari KH. Ahmad Sufyan Miftahul Arifin dan dikaruniai sepuluh anak tujuh laki-laki dan 3 perempuan.

  1. Nadhroti Royatul As’adiyah
  2.  Muhammad
  3.  Siri Aisyah
  4.  Fatimatuz Zahro
  5.  Ahmad Rohmatullah
  6.  Muhammad Syahid
  7.  Mohammad Ishaq
  8.  Nur Hodijah
  9.  Abdus Salam
  10.  Ahmad Siddiqi.

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Masa Menuntut Ilmu

Kira-kira umur 15 tahun beliau di mondokkan ke Makkah ke Syeikh Ismail Alyamani Almakki yang masih teman kiai As’ad, atas saran Kiai Sarkaman, Namun sebelum itu sebenarnya KH. Cholil As’ad Samsul, sudah di minta oleh Syeikh Ismail ke Kiai As’ad ketika sebelum Munas NU di Situbondo.

Sebelum mondok ke Makkah,KH. Kholil As’ad Samsul, belajar kepada beberapa santrinya kiai As’ad, Belajar Nahwu Sharrofya kepada Ustadz Zainal Abidin, sedangkan ngaji tasawwufnya pada KH. Sufyan Miftahul Arifin terkadang juga ditemani kakaknya Yaitu Almarhum KHR. Ahmad Fawaid As’ad karena beliau Yai Fawaid juga ngaji ke kiai Sufyan.

Beliau Masuk Jama’ah Dizikir thoriqoh An Naqsyabandiyah Al ahmadiyyah sekitar umur 11 tahun pada kiai Sufyan Miftah, mungkin ketika itu diantara para Jama’ah yang lain beliau yang termuda, Namanya anak muda, KH. Kholil As’ad Samsul masih tidak lepas dari kenakalannya bersama teman – temannya, makanya terus di jaga oleh KH. Zubairi dan KH. Ahmad Sufyan Miftah kala itu, Diantara guru beliau yang banyak mempengaruhi pribadinya beliau adalah, KH. Muhammad bin Imam Pamekasan Madura, KH. Sufyan Miftahul Arifin dalam perjuangannya, dan Syeikh Ismail Alyamani Almakki dan juga Ayahandanya sendiri .

2.2       Guru-Guru Beliau

  1. KH. Raden As’ad Syamsul Arifin
  2. Ustadz Zainal Abidin
  3. KH. Sufyan Miftahul Arifin
  4. KH. Zubairi
  5. KH. Ahmad Sufyan Miftah
  6. KH. Muhammad bin Imam Pamekasan
  7. KH. Sufyan Miftahul Arifin 
  8. Syeikh Ismail Alyamani Almakki

2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

KH. Kholil As’ad Samsul mendirikan pondok pesantren sekitar tahun 1993 yang diberi nama Pondok Pesantren Wali Songo. Pondok Pesantren Wali Songo ini terletak
di Jalan Basuki Rahmat No. 7, Kecamatan Panji, Situbondo, dan termasuk tempat tinggalnya. Sejak tahun didirikan hingga sekarang tetap berada pada naungan
pengasuh Kyai Kholil. 

3          Penerus Beliau

3.1       Anak-anak Beliau

  1. Nadhroti Royatul As’adiyah
  2.  Muhammad
  3.  Siri Aisyah
  4.  Fatimatuz Zahro
  5.  Ahmad Rohmatullah
  6.  Muhammad Syahid
  7.  Mohammad Ishaq
  8.  Nur Hodijah
  9.  Abdus Salam
  10.  Ahmad Siddiqi.

3.2       Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau adalah para santri pesantren Wali Songo Situbondo

4          Jasa, Karya, dan Karier

4.1       Karier Beliau

  1.               Pengasuh pesantren Wali Songo Situbondo
  2.               Mutasyar PBNU

5            Metode Dakwah

5.1             Metode Dakwah Sabung Ayam

Metode ini biasa disebut dakwah nyentrik. KH. Kholil As’ad Samsul menjalankan dakwah sabung ayam sangat berbeda dengan permainan sabung ayam biasanya. Sabung ayamnya ini dikemas dengan perjanjian di awal, apabila ayamKH. Kholil As’ad Samsul kalah maka pemenang dan pendukungnya boleh meminta hadiah apa pun. Apabila KH. Kholil As’ad Samsul menang maka pemenang dan pendukungnya harus mengikuti seluruh kemauan KH. Kholil As’ad Samsul. KH. Kholil As’ad Samsul hanya meminta yang kalah untuk sholat sebanyak sepuluh kali salam. Pada metode ini KH. Kholil As’ad Samsul hanya mendampingi sambil senyum tanpa berceramah.

Dakwah sabung ayam ini setiap hari Senin jikalau KH. Kholil As’ad Samsul tidak ada undangan pengajian. Ketika beristirahat atau break, adanya penampilan hadrah dengan bershalawat bersama. Barokah Rasulullah didapatinya juga agar Allah langsung yang menyentuh hatinya. Metode dakwah selanjutnya yakni dengan bershalawat. KH. Kholil As’ad Samsul menghadapi para remaja komunitas sepeda motor ini sama halnya dengan metode di atas. KH. Kholil As’ad Samsul hanya membuka, mendampingi untuk bershalawat bersama lalu do’a. KH. Kholil As’ad Samsul memiliki tujuan terkait penggunaan metode ini yakni tidak mau mengganggu kesenangan remaja namun menambah kesenangan remaja dengan bershalawat atau cinta kepada Rasulullah. Berharap barokah Rasulullah dengan akhirnya Allah langsung yang menyentuh hatinya

6     Referensi

https://pojoksuramadu.com/khr-muhammad-kholil-asad-kiai-yang-hobi-pencak-silat/

7.   Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Kholil As’ad Samsul dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 18 November 2021, dan terakhir diedit tanggal 08 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya