Judul Asli Shahih Al-Bukhari

 
Judul Asli Shahih Al-Bukhari
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Para penulis buku akan memberikan perhatian lebih saat menentukan judul bagi buku yang mereka tulis. Judul tersebut akan menjadi pintu pertama bagi pembaca untuk memahami isi secara global akan pembahasan atau apa yang ditulis oleh empunya. Dengan judul itu, pembaca akan faham kebutuhan dirinya untuk membaca buku tersebut. Oleh karenanya, penulis akan memberikan judul seteliti mungkin agar pembaca mendapatkan gambaran yang utuh dengan kalimat yang ringkas pada judul yang diberikan.

Tentang pentingnya judul buku, saya pernah membaca kitab Al-'Unwan Al-Shahih li Al-Kitab karya Duktur Hatim Al-'Auni, beliau menceritakan sebuah kisah yang terjadi antara Muhammad bin Hasan Al-Syaibani (w. 189 H) dengan Iman Muhammad bin Idris Al-Syafi'i.

Suatu hari Muhammad bin Hasan Al-Syaibani baru saja selesai menuliskan sebuah buku yang diberi judul dengan Al-Hujjah 'ala Ahli Al-Madinah. Dia pun mendatangi Imam Syafi'i dan berkata:

"Aku baru saja menyelesaikan sebuah buku, mau kah kamu melihatnya?" Al-Syaibani menawarkan kepada Imam Syafi'i.

Imam Syafi'i kemudian mengambil kitab tersebut dan membacanya sekilas. Tidak lama beliau langsung menutup kitab tersebut dan meletakkannya di atas meja. Al-Syaibani terheran-heran dan bertanya, "Ada apa?"

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN