Pesantren Assyafi'iyah Kab. Gresik

Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Assyafi'iyah Kab. Gresik

Profil

Pondok pesantren Assyafiiyah, merupakan pondok pesantren yang berbasiskan “Ahlusunnah wal Jamaah”. Ajaran Ahlusunnah wal jamaah ini merupakan metode/cara menjalani kehidupan dengan berlandaskan serta bercerminkan segala sesuatu yang pernah diajarkan bahkan diamalkan oleh Beliau Rosulullah SAW, lewat beberapa haditsnya. Segala sesuatu yang pernah diamalkan Rasul, sering kita dengar dengan sebutan sunnah-sunnah Rasul.
 
Pada awal pembangunan pondok pesantren, dimulai dengan mendirikan “pondasi” yang kuat. Setelah berdirinya pondasi yang kokoh, diteruskan dengan pembagian ruang Ndalem dan Mushola terlebih dahulu. Pendirian seperti ini atau awal pendirian Pondok Pesantren Assyafiiyah sekitar tahun 1988, bertepatan dengan lahirnya putra beliau yang terakhir dari isteri beliau yang bernama Ibu Mashanah.
 
Setelah beberapa tahun berlalu, diteruskan lagi bangunan beberapa kamar, yang direncanakan sebagai tempat menginap keluarga dan sanak saudara terlebih dahulu. Memang tujuan pertama kali dakwah menyebarkan serta mengajarkan agama islam, melalui orang-orang terdekat. Pada waktu itu belumlah dinamakan Pondok Pesantren hanya sebatas rumah sepertia biasanya, yang didampingi Mushola. Setelah sekian hari dirasa penghuni dan yang menuntut ilmu di sana semakin banyak, dibangunlah sebuah kamar, dan bertepatan dengan itu, diberilah nama “ASRAMA ROUDHLOTUL THOLABAH”.
 
Lambat laun jumlah santri bertambah banyak dan kondisi pembangunan Asrama mengalami kemajuan. Kurang lebih pada tahun 1991 Asrama Roudhlotul Tholabah secara resmi dan formalitas menjadi “PONDOK PESANTREN ASSYAFIIYAH”. Dan tentunya itu semua dikarenakan ikhtiar beliau yang Istiqomah dalam berjuang, serta dukungan dan do’a dari berbagai pihak dan kalangan masyarakat. Mereka juga ikut serta berpartisipasi dalam pembangunanan Pondok Pesantren ASSYAFIIYAH. Para teman & sahabat beliau, Salah satunya, K.H. Farhan Rosyid (Bungah), H. Amari (Bungah), H. Alawi & H. Sirrin (Gresik) dan tidak dapat disebutkan satu persatunya, mempunyai peranan yang sangat penting atau signifikan dalam pembangunan P.P. ASSYAFIIYAH Bungah Gresik.
 
Setelah mengalami beberapa kemajuan secara signifikan, baik dalam bidang pembangunan dan jumlah santri yang semakin meningkat , diadakanlah pengajian dengan sistem Sarogan dan BandonganPengertian Ngaji Sarogan ini para siswa membaca kitab kuning langsung dihadapan para Assatidz dan Ustadzaat, di situ tidak hanya asal membaca saja melainkan harus ada alasan / argumentasi mengapa dibaca seperti itu.
 
Dan tidak jarang pula santri tersebut diperintah untuk menjelaskan isi dari kitab yang telah dibaca tadi. Adapun metode Bandongan adalah keseluruhan siswa pada pondok pesantren berkumpul pada satu tempat dalam lingkup pesantren, untuk mengaji kitab-kitab salafiyah, yang langsung dipimpin oleh Romo Yai sendiri. Selain kedua metode tersebut, Assyafiiyah juga melakukan kegiatan yang mirip dengan sekolah formal’ yang biasa disebut dengan “Madrasah Diniyah”.

       Pengasuh

KH. Muhammad Maliki Syafii

Pendidikan

Pendidikan Non Formal:

  1. Madrasah Diniyah
  2. Tahfidzul Qur'an

Ekstrakurikuler

  1. Hifdzul Qur’an
  2.  Qiro’atul Qur’an
  3. Muhadloroh / Khitobah
  4. Shalawat
  5. Kaligrafi
  6.  Tahlilan
  7.  Hafalan surat-surat pendek & bacaan –bacaan yang penting
  8.  Diba’an
  9. Istighosah
  10. Tartilul Qur’an
  11. Bimbingan shalawat Al Banjari Bimbingan
  12. Memimpin Tahlil, baca Yaasin, beserta doa
  13. Bimbingan baca kitab kuning
     


 

Fasilitas

1. Masjid
2. Asrama Pesantren
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Laboratorium Komputer
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula

Alamat

Jl. Nongko Kerep Bungah, Bungah, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

telpon: [031] 3949506

Kode Pos : 61152

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.