Cara Unik KH. Abdullah Hadziq dalam Mendidik Anak

 
Cara Unik KH. Abdullah Hadziq dalam Mendidik Anak
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam mendidik anak, setiap ulama memiliki cara dan strategi tersendiri, termasuk cara unik KH. Abdullah Hadziq dalam mendidik putranya, KH. Hayatun Nufus Abdullah Hadziq atau yang akrab dikenal Gus Yatun.

Cara KH. Abdullah Hadziq dalam mendidiknya anaknya terkesan cukup unik. Ssebelum dipondokkan kepada KH. Arwani Kudus, Gus Yatun mula-mula dididik dengan cara disuruh memijat beliau.

Setiap agenda mengaji dengan para santri, KH. Abdullah Hadziq selalu memanggil Gus Yatun untuk memijatnya. Sambil ngaji, Gus Yatun diperintah untuk memijat pundak KH. Abdullah yang juga sedang membaca kitab kuning. Setelah selesai pundak sebelah kiri, beliau kemudian menyuruh Gus Yatun untuk memijat pundak sebelah kanan.

Gus Yatun tidak akan berhenti memijat sebelum ada instruksi dari ayahnya. Gus Yatun terkenal sebagai anak yang nakal, namun untuk urusan memijat ayahnya, ia taat dan patuh tanpa membantah sekali pun, apalagi menolak perintah ayahnya.

Hal tersebut dilakukan KH. Abdullah Hadziq supaya Gus Yatun mendengar dan ikut mempelajari apa yang santri-santri juga pelajari dari abahnya. Dengan demikian, Gus Yatun secara otomatis mendengar isi kitab yang dikaji oleh KH. Abdullah Hadziq, dan hal itulah yang menjadi bekal Gus Yatun di kemudian hari saat menimba ilmu kepada para ulama lain.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN