Ziarah Makam Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor
Sumber Gambar: FB Ziarah Shalafussholihin

Laduni.ID, Jakarta – Habib Ahmad bin Ahmad Al-Muhdhor lahir di Desa Quwaireh, Du’an Al-Ayman, Hadramaut, Yaman pada tahun 1280 H. Beliau merupakan putra dari seorang ulama yang menjadi rujukan para ahli ilmu di zamannya, dia adalah Al-Imam Al-Habib Ahmadn bin Muhammad Al-Muhdhor.

Sebagaimana para Alawiyin lainnya, Habib Muhammad Al-Muhdhor menjadikan keluarga sebagai lembaga pendidikan pertama dan yang utama. Beliau belajar kitab keilmuan dan Al-Qur’an kepada sang ayah, Habib Muhammad Al-Muhdhor juga belajar kepada kakaknya, Al-Habib bin Ahmad Al-Muhdhor.

Setelah menimba ilmu di lingkungan keluarga, Habib Muhammad Al-Muhdhor selanjutnya belajar kepada Al-Imam Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Athas. Habib Ahmad bin Hasan Al-Athas inilah yang membentuk karakter dan kepribadian Habib Muhammad Al-Muhdhor.

Perjalanannya dalam menyebarkan agama Allah dilalui Bersama sang kakak. Habib Muhammad Al-Muhdhor melakukan perjalanan dakwah ke Singapura, kembali lagi ke Hadramut, selanjutnya ke India, dan berakhir di Bondowoso, Indonesia. Di Indonesia, Habib Muhammad Al-Muhdhor juga belajar kepada Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi, yang kelak akan menjadi mertuanya.

Lokasi Makam

Habib Muhammad Al-Muhdhor wafat pada malam Selasa, 21 Syawal 1344 H, bertepatan dengan 4 Mei 1926 M. Habib Muhammad Al-Muhdhor wafat setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat penyakit yang dideritanya.

Makam Habib Muhammad Al-Muhdhor berada satu komplek pemakaman dengan mertuanya, Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi di pemakaman Habib Hasan Al-Habsyi di Kawasan Masjid Ampel, Surabaya.

Sumber foto: FB Anas Achmad, FB Ziarah Shalafussholihin,


Editor: Daniel Simatupang