Amalan dari Guru Sekumpul Agar Tidak Haus Saat Berpuasa Ramadhan

 
Amalan dari Guru Sekumpul Agar Tidak Haus Saat Berpuasa Ramadhan
Sumber Gambar: Andrea Piacquadio dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang harus dijalankan oleh semua umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus saja tetapi juga harus menahan syahwat yaitu kemaluan dan perut.

Puasa dilakukan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau hingga waktu berbuka puasa tiba. Dan artinya puasa dilakukan setelah menjalankan sahur dan diakhiri denan berbuka puasa.

Namun, tak dapat dipungkiri ketika menjalankan puasa di siang harinya pasti merasakan haus dan lapar karena itu terkadang tubuh menjadi minim energi. Hal ini terjadi dikarenakan dalam tubuh kita tidak ada makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh kita.

Meski begitu hal ini tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Terdapat beberapa tips dan amalan yang dapat dilakukan untuk menjadikan ibadah puasa lancar dan berkah.

Guru Zaini Sekumpul memberikan ijazah atau amalan agar kita dapat dihindarkan dari kehausan selama menjalani ibadah puasa. Dalam hal ini, Guru Zaini Sekumpul berkata:

“Kalau kamu ingin pada bulan puasa tidak merasa kehausan, setelah sahur ambil secangkir air putih lalu baca surah al-kautsar 7x, kemudian tiupkan ke air tersebut. Minum air tersebut dan bagikan kepada keluarga (anak, istri).”

Adapun fadilahnya, insyaa Allah tidak merasa haus mulai sahur sampai hendak berbuka karena minum air tersebut sama dengan minum telaga kautsar. Subhanallah.