Mendoakan Orang Lain Cepat Kabul, Inilah Rahasianya

 
Mendoakan Orang Lain Cepat Kabul, Inilah Rahasianya

Laduni.ID, Jakarta - Sebagai bentuk ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dalam praktiknya memohon saat berdoa disertai dengan kerendahan hati dan menyebutkan nama baik Allah SWT.

Akan tetapi, ada hal yang pasti membuat kita terheran mengapa saat kita mendoakan orang lain secara diam-diam, doa tersebut seringkali cepat dikabulkan. Adapun alasan mengapa doa yang dipanjatkan tanpa kehadiran orang yang didoakan mudah dikabulkan.

1. Karena doa seperti itu diamini oleh malaikat.

Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam hadis Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai berikut:

إذا دعا المسلم لأخيه بظهر الغيب قال الملك آمين ولك بمثله

Artinya: “Apabila seorang Muslim mendoakan bagi saudaranya sesama Muslim di luar kehadirannya, malaikat akan menimpali dengan ucapan “Amin” dan semoga Anda memperoleh semacam itu” (HR Muslim).

2. Dijamin oleh Allah

Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad dalam sebuah kitabnya berjudul Risalatul Mu‘awanah wal Mudhâharah wal Muwazarah (Dar Al-Hawi, 1994, hal. 153) sebagai berikut:

 فإن دعاء المسلم لأخيه بظهر الغيب مستجاب

Artinya: “Sesungguhnya doa seorang Muslim untuk saudaranya sesama Muslim di luar kehadirannya mudah dikabulkan.”

Jadi ketika pihak yang mendoakan merahasiakan doanya supaya tidak diketahui oleh pihak yang didoakan bahwa ia telah berdoa untuknya dengan doa-doa yang baik, maka doa seperti itu akan langsung sampai kepada Allah sehingga mudah dikabulkan.

Itu dia, alasan mengapa mendoakan orang lain cepat dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Saat kita mendoakan orang lain, dengan perkataan yang penuh kebaikan. Dan perkataan tersebut tanpa diketahui, artinya, doa seperti itu menunjukkan keikhlasan dan tiadanya riya’ dalam diri si pendoa.

Syekh Al-Munawi dalam Faidhu al-Qadir Syarh al-Jami’ al-Shaghir, (Dar al-ma’rifah: Beirut, 1972), Cetakan II, Jilid 3, hal. 527 sebagai berikut:

لان الدعاء السر اقرب الى
الاخلاص وابعد من الرياء.

Artinya: “Karena sesungguhnya doa rahasia (doa yang tidak diketahui oleh orang yang didoakan) paling dekat kepada keikhlasan dan paling jauh dari sikap riya."

Semoga kita senantiasa bisa lebih sering dan banyak mendoakan orang lain terutama kedua orang tua dan sanak saudara. Sebab dengan mendoakan mereka tanpa sepengetahuan orang yang didoakan, dianggap bisa menjauhkan kita dari rasa sombong dan riya.


Editor: Nasirudin Latif