Biografi Sayyid Jadid bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi

 
Biografi Sayyid Jadid bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi

Daftar Isi  Biografi  Sayyid Jadid bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Nasab
1.4  Wafat

2.    Sanad Keilmuan
3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
4.    Referensi

 

 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Sayyid Jadid bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi dilahirkan di desa bernama Jadid Hadramaut. Karena kelahiran beliau bertepatan didaerah ini sewaktu dalam perjalanan maka diberi nama Jadid. Ayah beliau adalah Sayyid Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi dan ibu beliau bernama Ummul Banin binti Muhammad.

1.2 Riwayat Keluarga
Dari pernikahannya Sayyid Jadid bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi memiliki keturunan yang Sholeh, yang terkenal akan keluasan ilmu dan ibadah mereka.

Dari keluarga Jadid terdapat seorang ulama yaitu Al-Imam Al-Muhaddits Abi Jadid yang wafat di Makkah pada tahun 630 hijriyah. Manakib beliau dapat dibaca dalam kitab Al-Nafhah Al-Anbariyah.

1.3 Nasab

  1. Nabi Muhammad Rasulullah SAW
  2. Sayyidah Fatimah Az-Zahra Istri Sayyidina Ali bin Abi Thalib
  3. Al- Imam Husein
  4. Al-Imam Ali Zainal Abidin
  5. Al-Imam Muhammad Al-Baqir
  6. Al-Imam Ja’far Shodiq
  7. Al-Imam Ali Uraidhy
  8. Al-Imam Muhammad An-Naqib
  9. Al-Imam Isa Ar-Rumi
  10. Al-Imam Ahmad Al-Muhajir
  11. Sayyid Ubaidillah
  12. Sayyid Jadid

1.4 Wafat
Beliau wafat sekitar tahun 425 H dan dimakamkan di desa Sumal sama seperti kedua Saudaranya, sampai sekarang belum bisa ditetapkan secara pasti tanggal wafatnya Mereka, ada yang mengatakan bahwa Beliau pindah ke daerah Bait Jubair, keturunan Bani Jadid punah pada permulaan abad keenam.

2. Sanad Keilmuan

Semenjak kecil beliau dididik langsung oleh ayahnya dan berjalan pada thariqah yang telah ditempuh oleh ayahnya. Beliau gemar mendalami ilmu dan selalu menyibukkan dirinya untuk menuntut ilmu, sehingga beliau berhasil menguasai berbagai macam ilmu. Beliau juga adalah seorang yang hafal Al-Qur’an. Selain menuntut ilmu di Hadramaut, beliau juga menuntut ilmu sampai ke kota Makkah dan Madinah, guru beliau adalah Sayyid Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

Sayyid Jadid bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi semenjak kecil dididik oleh Ayah beliau Ubaidillah dan kedua kakaknya Alwi dan Basri, Beliau mengikuti jejak-jejak mereka dalam menimba ilmu dari Ulama lainnya, disamping ahli di bidang ilmu  agama Beliau juga ahli di bidang ilmu bahasa dan kebudayaan, Tempat tinggal beliau di sekitar masjid Brum, aslinya masjid mereka kemudian dimakmurkan oleh Sayyid Ahmad bin Hasan bin Muhammad bin Alwi bin Abdullah bin Ali bin Syeikh Abdullah Ba’alawiy.

Sayyid Jadid bin Ubaidillah  bin Ahmad Al-Muhajir mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayah beliau. Beliau adalah seorang yang alim dalam berbagai cabang ilmu dan dan merupakan salah satu imam besar di jamannya. Disamping kedalaman ilmunya, beliau adalah seorang yang banyak bermujahadah. Beliau banyak mengerjakan shalat dan berpuasa, bersedekah, selalu beribadah di sepanjang malamnya, berbuat baik dan lemah lembut kepada kaum fakir dan miskin, teguh dalam menjalankan perintah agama, mempunyai kemuliaan yang sempurna, syekhnya kaum arifin, seorang faqih yang zuhud.

Beliau adalah seorang yang sempurna memadukan kemuliaan diri dan nasab. Keutamaan-keutamaan beliau terukir di berbagai lembaran tulisan. Banyak para ulama dan ahli sejarah yang memuji dan mengagungkan beliau.

4. Referensi

Disarikan dari Syarh Al-Ainiyyah, Nadzm Sayyidina Al-Habib Al-Qutub Abdullah bin Alwi Al-Haddad Ba’alawy, karya Al-Allamah Al-Habib Ahmad bin Zain Al-Habsyi Ba’alawy dan Bahrus Shofa

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya