Biografi Sayyid Al Habib Ahmad Al Haddad (Habib Kuncung) bin Alwi bin Ahmad, Sang Wali Ahlud Darkah

 
Biografi Sayyid Al Habib Ahmad Al Haddad (Habib Kuncung) bin Alwi bin Ahmad, Sang Wali Ahlud Darkah

Daftar Isi Biografi Sayyid Al Habib Ahmad Al Haddad (Habib Kuncung) bin Alwi bin Ahmad

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Riwayat Keluarga
1.3  Nasab
1.4  Wafat
2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Guru-guru
3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Karomah Habib Ahmad bin Alwi Al-Haddad (Habib Kuncung)
4.    Referensi

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Habib ( Kuncung ) Ahmad bin Alwi Al-Haddad termasuk keluarga Nabi saw, keturunan ke 37. secara garis besar kehidupan Habib Kuncung sangat misterius.  

Habib Kuncung lahir di Gurfha, Hadramaut, Tarim pada tanggal 26 syaban 1254 H dan beliau belajar kepada ayahanda beliau sendiri Al Habib Alwi Al Haddad dan belajar pula kepada Al Habib Ali Bin Husein Al Hadad, Hadramaut.

1.2 Riwayat Keluarga
Dalam suatu cerita yang didapat dari Al Habib Husein Bin Abdullah Bin Mukhsin Al Attas beliau menuju ke Lombok kemudian menikah dan memiliki seorang anak.

Mobilitas beliu sebagai pedagang juga yang membuatnya menginjak Tanah Bugis dan memperoleh istri disana. Namun tak ada yang mengenal siapa istri Habib Kuncung tersebut. Dari perkawinan tersebut diketahui lahir seorang putra bernama Muhammad yang kemudian mewarisi harta peninggalan Habib Kuncung di Singapura. Namun sayang Habib Muhammad kemudian meninggal dunia hingga terputuslah garis keturunan Habib Kuncung.

1.3 Nasab
Ahmad bin Alwi bin Ahmad bin Hasan bin Abdullah bin Thahaa bin Umar bin Alwi bin Muhammad bin Ahmad bin Abdullah bin Muhammad bin Alwi bin Ahmad Alhaddad bin Abubakar bin Ahmad Musrifa bin Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Alwi bin Muhammad Shohib Marbath bin Ali Khali’ Gasam bin Alwi bin Muhammad bin Alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Almuhajir bin Isa Arruumiy bin Muhammad Annaqieb bin Ali Al’ureidhiy bin Ja’far Asshadiq bin Muhammad Al Bagir bin Ali Zainal Abidin bi n Husein bin Ali bin Abi Thalib kw Suami Fathimah binti Rasulillah saw.

1.4 Wafat
 Pada tahun 1345 H tanggal 29 Syaban sekitar tahun 1926 M di usia 93 tahun beliau, Al Habib Ahmad Bin Alwi Al Haddad, kembali ke Rahmatullah dan di makamkan atau dikubur di pemakaman keluarga Al-Haddad Kalibata, Jakarta Selatan dan setiap hari Minggu ketiga bulan Rabiul Awal diadakan peringatan Maulid Nabi di pemakaman beliau bada Ashar.

2.  Sanad Ilmu dan Pendidikan

Beliau belajar kepada ayahanda beliau sendiri Al habib Alwi Al Haddad dan belajar pula kepada Al habib Ali Bin Husein Al Hadad, Hadramaut. Di Indonesia beliau belajar kepada Al Habib Abdurrahman Bin Abdullah Al Habsyi (ayah Habib Ali Kwitang yang makamnya memancarkan air ketika hendak di gusur, Cikini) dan kepada Habib keramat Empang Bogor, Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Attas.

Oleh gurunya, Habib `Abdullah bin Mukhsin Al-Attas, beliau dipanggil dengan panggilan “Habib Kuncung” kerana kopiah kuncung yang selalu beliau pakai. Maka terkenallah beliau dengan gelaran tersebut.Karena sering memakai kopyah atau topi yang menjulang keatas (kuncung; bahasa Jawa) maka beliau digelari Habib Kuncung.

2.1 Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau selama hidupnya adalah sebagai berikut:

  1. Al Habib Alwi Al Haddad (Ayah beliau)
  2. Al Habib Ali Bin Husein Al Hadad, Hadramaut.
  3. Al Habib Abdurrahman Bin Abdullah Al Habsyi
  4. Al Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Attas (Habib keramat Empang Bogor).

3.  Perjalanan Hidup dan Dakwah

Dikala beliau dewasa beliau didatangi oleh Rasulullah SAW yang akhirnya beliau ziarah ke Madinah, selanjutnya dalam bisyarah beliau disuruh ke Pulau Jawa oleh Nabi SAW.

Beliau terkenal sebagai seorang wali Ahlud Darkah yang dianugerahkan dengan berbagai karamah yang khawariqul adah. Di antara perkara yang ganjil yang sering berlaku adalah beliau sering muncul dengan tiba-tiba dalam majlis-majlis di mana nama beliau disebut. Dalam majlis-majlis ulama, beliau sering diminta untuk menjadi pembaca kitab-kitab salaf kerana beliau memiliki suara yang lantang, menguasai bahasa Arab dan berilmu tinggi.

Sungguhpun demikian, Habib Kuncung sentiasa bersikap tawadhu` dan khumul. Sebagaimana beliau muncul dalam sesuatu majlis, maka begitulah juga beliau menghilangkan diri dengan tiba-tiba dari majlis tersebut tanpa disadari orang. Itulah antara sikap beliau yang sentiasa menghindarkan diri dari kemasyhuran.

3.1 Karomah Habib Ahmad bin Alwi Al-Haddad (Habib Kuncung)

  1. Pernah satu ketika para ulama berkumpul di Kwitang. Mereka ingin melakukan perjalanan ke Cirebon memenuhi sebuah undangan. Saat itu Habib Kuncung agak terlupakan hingga tidak ikut rombongan ke stasiun. Para ulama berangkat pada pukul 7.30 pagi. Sesampainya di stasiun Cirebon, ternyata para ulama menemukan Habib Kuncung sudah disana. Ketika ditanya, beliau mengaku sudah berada di stasiun itu sejak pukul 7.30. rupanya ketika rombongan ulama berangkat ke stasiun, naik kereta menuju Cirebon, Habib Kuncung juga berangkat ke Cirebon tapi dengan cara beliau sendiri.
  2. Pernah pula suatu ketika Habib Kuncung membakar sampah dalam lubang besar, disekitar lubang itu terdapat pohon pisang. Rupanya pohon pisang itu sengaja ditanam orang. Terang saja, melihat lubang sampah itu dibakar, pemilik pohon pisang marah besar kepada Habib Kuncung. Habib Kuncung hanya diam hingga api itu padam. Ternyata pohon pisang itu tak ada yang mati, bahkan kemudian malah lebih bagus tumbuhnya.
  3. Karomahnya yang lain; setiap kali Habib Kuncung memakai jasa tukang delman, delman itu pasti pulang lebih awal karena setoran menjadi mudah tercukupi. Kusirnya juga akan pulang dengan uang yang lebih dari biasanya. Makanya banyak sekali tukang delman yang mengharap-harap agar delmannya dinaiki Habib Kuncung.

Sekalipun bersikap aneh dan selalu muncul menghilang, orang-orang yang mengenang Habib Kuncung sebagai pribadi terhormat yang saleh. Hal-hal yang dilakukan beliau merupakan satu bentuk ketawadukan. Beliau tak ingin orang memuja-muja dirinya dan punya pikiran macam-macam. Beliau ingin dikenal sebagai orang biasa saja. Begitu tawaduknya Habib Kuncung, beliau tak pernah mau menerima hadiah, baik uang maupun pakaian. Beliau hanya ingin dapat tampil seperti biasa, apa adanya. Sekalipun begitu tak ada orang yang meragukan kapasitas Habib Kuncung sebagai Waliyullah. Makanya setelah wafat beliau mendapat kehormatan sedemikian rupa. Beliau juga ahli darak (saat-saat orang dalam kesulitan atau sangat memerlukan bantuan beliau muncul dengan tiba-tiba).

4.  Referensi

  1. Disarikan dari Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.
  2. Manaqib Habib Kuncung
  3. Pustaka Pejaten
  4. Sidogiri.net

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya