Biografi KH. Abdur Rosyid Jepara

 
Biografi KH. Abdur Rosyid Jepara
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Menimba Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Murid-murid Beliau

4         Jasa, Karier, Karya 
4.1      Jasa Beliau
4.2      Karier Beliau
4.3      Karya Beliau

5         Char Stilsilah 
5.1      Chart Silsilah Sanad

6         Mursid Tarekat 

7         Referensi

 

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Abdur Rosyid Saripan Jepara, beliau dilahirkan pada tahun 1906 di Jepara, beliau merupakan putra sulung dari KH. Muhammad Zain bin Raden Ngabehi Brontodiwiryo atau Kyai Sulaiman dengan nama kecil Muqoddas. Menurut cerita lisan dari para orang tua, Kyai Sulaiman yang terkenal dengan sebutan Kyai Boang ini adalah putra Pangeran Diponegoro. Mbah Rosyid mempunyai dua adik kandung yaitu KH. Chaidar dan Ibu Nyai Hj. Mukarromah (Istri dari KH. Ahmad Fauzan). 

1.2      Riwayat Keluarga
Beliau melepas lajangnya dengan menikahi seorang wanita dikaruniai 14 anak

1.3  Wafat
KH. Abdur Rosyid wafat pada tanggal 11 Dzulqo’dah 1401 H/ 9 November 1981dengan meninggalkan 14 anak dan 33 cucu, beliau dimakamkan di Pemakaman Gandrung Potroyudan Jepara.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1  Menimba Ilmu
Sejak usia belia beliau menimba ilmu langsung dari ayahnya, selain itu beliau juga menimba ilmu di Pondok Pesantren Darussalam Saripan Jepara dibawah asuhan KH. Abdul Qodir (suami bibinya yang kelak menjadi mertuanya), setelah itu beliau menimba ilmu di Pesantren KH. Kholil Kasingan, Rembang dilanjutkan ke Pesantren Tebuireng Jombang dibawah asuhan langsung Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari, dari Tebuireng beliau pergi haji ke Makkah dan bermukim disana selama 3 tahun untuk meningkatkan ilmu pengetahuan utamanya ilmu-ilmu agama.

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu, di antaranya:
1. KH. Abdul Qodir
2. KH. Kholil Kasingan
3. Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy’ari

2.3  Mengasuh Pesantren
Sepulang dari Makkah beliau membantu mengajar di Pondok Pesantren Darussalam Saripan Jepara dan memberikan pengajian dari satu desa ke desa lainnya, diantaranya secara rutin beliau memberikan pengajian di Masjid Purwogondo yang terletak 18 Km dari kediaman beliau setiap dua kali dalam seminggu, sikap istiqomah beliau dalam menyebarkan agama Islam terbukti dengan tetap mengajar rutin meskipun yang hadir satu orang.

3. Penerus Beliau            

3.1  Murid-murid Beliau
Murid-murid beliau adalah para santri di pesantren Darussalam Saripan Jepara

4. Jasa, Karier, dan Karya 

4.1  Jasa Beliau
Sebagai perintis berdirinya Nahdlatul Ulama’ di daerah Jepara, kiai yang wirai ini tidak pernah absen dari perjuangan NU dengan berkhidmah sebagai Rais Syuriah NU Cabang Jepara dan Mustasyar NU Jawa Tengah, selain itu Kyai Rosyid juga ikut memprakarsai berdirinya lembaga pendidikan formal yaitu Madrasah Al-Islam Saripan Jepara yang terdiri dari berbagai jenjang SD, MI, MTs, Madin Awaliyah dan Madin Wustho dibawah naungan LP Ma’arif Jepara.

4.2  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
Pengasuh pesantren Darussalam Saripan Jepara

4.3 Karya Beliau
Sebagai seorang ulama’ yang lahir dan besar ditengah-tengah pesantren, maka semangat dalam menyebarluaskan nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah merupakan sebuah sikap niscaya dari beliau, baik melalui lisan maupun tulisan, diantara kitab yang beliau tulis untuk memasyarakatkan Aswaja adalah Kitab Tarjamatu Al Tauhid Li Ibtidail Murid dan As-ilatul Waro, kitab ini berisi himpunan tanya jawab tentang dasar-dasar hukum amaliyah Ahlussunnah Wal Jama’ah.

5.    Chart Silsilah

5.1   Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Abdur Rosyid Jepara dapat dilihat DI SINI.

6.  Mursid Tarekat 

Sikap istiqomah beliau seakan belum cukup, sebari mendakwahkan tarekat Naqsabandiyah Khalidiyah beliau melengkapi jalan dakwah dengan sikap sabar, ikhlas serta memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Melihat realitas masyarakat pedesaan yang pada waktu itu umumnya masih banyak kaum dluafa’, yatim, fakir dan miskin yang memerlukan santunan, maka tergeraklah hati beliau bersama adik iparnya KH. Ahmad fauzan menghimpun aghniya’ untuk menyantuni mereka terutama menjelang Idul fitri dan hari Asyura, kegiatan ini masih berlangsung sampai sekarang.

7. Referensi

Biografi KH. Abdur Rosyid Jepara


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 17 Juli 2022, dan terakhir diedit tanggal 14 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya