Biografi KH. Tubagus Ahmad Hasuri Thohir (Buya Kaloran), Pendiri Pesantren At-Thahiriyah, Kota Serang

 
Biografi KH. Tubagus Ahmad Hasuri Thohir (Buya Kaloran), Pendiri Pesantren At-Thahiriyah, Kota Serang

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4         Karier 
4.1      Karier Beliau

5         Silsilah Nasab 
5.1      Silsilah Guru Beliau

6         Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
Nama lengkap beliau adalah Tubagus Ahmad Hashuri bin Tb.Ahmad Thohir bin Tb. Ali bin Tb Soleh bin Tb. Hafidz bin Pangeran Qodli bin Sulthan Zaenal Asyiqin bin Sulthan Abu Maali Ahmad bin Sulthan Maulana Muhammad Nashruddin bin Maulana Yusuf bin Sulthan Maulana Hasanuddin.
Lahir dari seorang wanita solihah bernama Hj. Hafsah binti Hasan pada tanggal 30 desember tahun 1930 di Kaloran kidul serang Banten.

1.2      Riwayat Keluarga
Beliau dinikahkan dengan putri Syekh tohir pelamunan yang bernama Hj. Nadrah. Ketika beliau menetap dua tahun di Makkah isteri Syekh Hashuri menyusul ke Makkah di antar oleh kakaknya Syekh Zeni bin Tohir yang di kenal dengan Kiayi inting. Di Makkah lahirlah putranya yang pertama yang bernama tubagus Nuruddin (kelak mengasuh pesantren di pelamunan).

Ulama yang pandai berbahasa inggris, Jerman dan arab ini selain menikah dengan hj. Nadrah beliau juga menikah dengan Hj. Mahfudhoh dari Menes dan di karuniai 9 anak.

1.3  Wafat
Beliau wafat pada usia 87 tahun, Hari Selasa, 29 Mei 2018, bertepatan dengan 13 Ramadhan 1439 H pada pukul 04.00, setelah santap sahur, meninggalkan seorang istri, 11 anak dan puluhan cucu serta cicit.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
Mengaji pertama kali ilmu alqur’an dan qiroat kepada syaikhul Qurro Al-Alim Al-Qaari Syekh Soleh ma’mun Al-lantary Al-Bantani di Lontar. Kemudian pada umur limabelas tahun tepatnya tahun 1945 dikirim oleh ayahandanya ke Pesantren Pelamunan asuhan Alimu zamanihi Al-Syekh Tohir al-Falamuni al-Bantani. Kelak Syekh Tohir al-falamuni al-Bantani mengangkat Ahmad Hashuri menjadi menantunya.

Ketika mesantren di Pelamunan satu kurun dengan KH. Abdul Muin lontar, KH. Abdul Aziz kelapa dua dan Syekh suhaimi As-Sasaki al-Bantani kronjo.
Setelah tiga tahun mesantren di pelamunan, pengelanaan Syekh Ahmad hashuri diteruskan ke Pesantren Kadupesing Pandeglang asuhan Syekh Tb. Abdul Halim dan Syekh Ace Syadzeli yang merupakan kemenakan Syekh Abdul Halim sendiri.

Syekh Abdul Halim pernah di amanatkan oleh KH. Tb. Ahmad Khotib (residen Banten pasca kemerdekaan) sebagai Bupati pandeglang. Syekh Abdul Halim bagi Syekh Ahmad Hasuri selain sebagai guru ia juga adalah kakek guru karena Syekh Tohir pelamunan juga pernah nyantri di Kadupesing. Syekh Tohir pelamunan selain nyantri di Kadupesing juga nyantri di pesantren Kaloran asuhan Syekh Yahya al-kalurani al-Bantani dan di pesantren Carita. 

Syekh Hasuri meneruskan pengelanaan ilmiyahnya ke Makkah al-mukarromah pada tahun 1950 tanpa membawa isteri. Di Makkah ia tinggal di rumah Syekh Nawawi al-Tanara al-bantani di syib Ali. Waktu itu rumah Syekh Nawawi di tempati oleh cucu Syekh Nawawi yang bernama Sayyidah Ma’tuqah dan sayyid Ali.

Di Makkah al-Mukarromah Syekh Hasuri belajar kepada para ulama terkemuka pada waktu itu yaitu syekh Muhammad Amin Quthbi, Syekh Hasan bin Muhammad al-Masyath (Muhaddisul haramain), Syekh abdul Qadir al-mandaili, Sayyid Alawi al-Maliki dll. Syekh Hasuri mengkaji kitab Fathul muin dan tafsir Jalalain di masjidil Haram kepada Syekh Abdul Qodir al Mandaili.

Sedangkan kepada Syekh Muhammad Amin Quthbi mengkaji ushulul Fiqh. Mengkaji Ibnu Aqil dan kitab Attarghib Wattarhib kepada Sekh Sayyid Alawi al-Maliki. Mengkaji alfiyah Ibnu Malik dan Syawahidul Haq kepada Syekh Baljihi Al-Mishri. sementara kepada Muhaddisul haramain Syekh Hasan Al-Masyat mengkaji ilmu hadis.
 

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu, di antaranya:

  1. Syaikhul Qurro Al-Alim Al-Qaari
  2. Syekh Sholeh ma’mun Al-lantary Al-Bantani di Lontar
  3. Alimu zamanihi Al-Syekh Tohir al-Falamuni al-Bantani
  4. Syekh Tb. Abdul Halim dan Syekh Ace Syadzeli
  5. Syekh Yahya al-Kalurani al-Bantani dan di pesantren Carita.
  6. Syekh Nawawi al-Tanara al-Bantani 
  7. Syekh Muhammad Amin Quthbi
  8.  Syekh Hasan bin Muhammad al-Masyath (Muhaddisul haramain)
  9.  Syekh Abdul Qadir al-Mandaili
  10.  Sayyid Alawi al-Maliki
  11.  Syekh Baljihi Al-Mishri
  12. Syekh Hasan Al-Masyat 

2.3  Mendirikan dan Mengasuh Pesantren
Setelah dua tahun tinggal di Toif, Syekh Hasuri tak dapat menahan kerinduannya untuk pulang ke negerinya Banten. Di Banten beliau tidak tinggal di Pesantren pelamunan tapi lebih memilih menyebarkan ilmu di kota Serang di kampung halamanya Kaloran. Beliau memimpin madrasah Khaerul huda di Kaloran dan Al-insaniyah milik gurunya Syekh Soleh Ma’mun Al-bantani di Lontar.

Di sela-sela kesibukannya mengajar di kedua madrasah itu, beliau berdagang emas di pasar lama Serang meneruskan ayah beliau yang merupakan saudagar emas di kota itu. Kesibukan mengajar dan berdagang tidak menyurutkan kehausannya akan ilmu. Beliau sering bepergian di bulan ramadlan untuk mengaji pasaran ke berbagai pesantren dari mulai Banten sampai ke Jawa.

Pada tahun 1970 ketika umurnya genap 40 tahun Syekh Hashuri tahir mendirikan pesantren At-thohiriyah di Kaloran. Berdatanganlah para santri dari berbagai daerah. Setiap hari ahad beliau mengadakan pengajian mingguan kitab Ihya Ulumuddin di pesantren. Para kiai dan masyarakat mengikuti pengajian ini.

3. Penerus Beliau            

3.1  Anak-anak Beliau
Anak-anak beliau yang menjadi penerus beliau adalah:
KH. Endang Buchori
 

3.2  Murid-murid Beliau
Murid-murid beliau adalah para santri di pesantren At-thohiriyah

4. Karier 

4.1  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
Pengasuh di pesantren  pesantren At-thohiriyah

5. Silsilah Nasab 

5.1   Silsilah Guru Beliau
Berikut ini contoh Chart silsilah guru beliau dapat dilihat selengkapnya melalui: Silsilah Nasab guru beliau

7. Referensi

 Biografi Syekh Ahmad Hashuri bin Thahir Al-Kalurani Al Bantani (Buya Kaloran)  

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya