Biografi Sahabat Jabir bin Abdullah

 
Biografi Sahabat Jabir bin Abdullah
Sumber Gambar: Ilustrasi (foto istimewa)

Daftar Isi Biografi Sahabat Jabir bin Abdullah

1. Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1 Lahir
1.2 Wafat

2. Kisah-kisah
2.1 Berbait'at Aqabah
2.2 Era Nabi Muhammad SAW

3. Meriwayatkan Hadis

4. Chart Silsilah
4.1 Chart Silsilah Sanad

5. Referensi

Jabir bin Abdullah merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang berbai’at bersama ayahnya pada bai’at aqabah kedua di antara 70 sahabat anshar yang berikrar akan membantu menguatkan dan menyiarkan agama Islam.

1.   Riwayat Hidup

1.1    Lahir

Jabir bin Abdullah lahir di Yastrib sekarang Madinah pada tahun 15 sebelum hijriyah.

1.1    Wafat

Jabir bin Abdullah wafat di Madinah tahun 78 hijriyah pad umur 94 tahun. Abbas bin Utsman penguasa madinah pada waktu itu ikut menshalatkannya.

2.   Kisah-kisah

2.1    Berbai'at Aqabah

Jabir bin Abdullah bersama ayahnya dan pamannya mengikuti bai’at aqabah kedua di antara 70 sahabat anshar yang berikrar akan membantu menguatkan dan menyiarkan agama Islam.

2.2     Era Nabi Muhammad SAW

Jabir bin Abdullah diistilahkan telah memeluk Islam ketika ia masih kecil. Menurut sejarah, ia diketahui telah berjuang dalam perang sebanyak 19 kali di bawah komando Nabi Muhammad SAW. Dan dia juga datang pada saat menaklukkan Mekah.

Dalam perang Uhud, Jabir bin Abdullah tidak diizinkan oleh ayahnya untuk perang Uhud. Jabir bin Abdullah memiliki 7 saudara (beberapa berbakat sejarah benar yang menyebut 9) dan ayahnya akan dia untuk mengurus keluarganya. Jadi, bukannya perang, tetapi Jabir bin Abdullah meladeni tentara yang haus. Ayahnya tewas dalam perang Uhud bersama dengan saudaranya iparnya, Amru bin Jamuuh, keduanya telah mencapai hampir berusia masa zaman.

3.    Meriwayatkan Hadis

Jabir bin Abdullah meriwayatkan hadis sebanyak 1.547 hadis. Pasca wafatnya Nabi Muhammad SAW, ia pernah melawat ke Mesir dan Syam dan banyak orang menimba ilmu darinya dimanapun mereka bertemu dengannya. Di Masjid Madinah ia memiliki kelompok belajar banyak orang orang berkumpul untuk mengambil manfaat dan ketakwaan.

4.    Chart Silsilah

4.1      Chart Silsilah Sanad

Jabir bin Abdullah belajar Islam langsung dengan Nabi Muhammad SAW. berikut chart silsilah sanad guru beliau dapat dilihat DI SINI.

5.    Referensi

1. Biografi jabir dalam Al-Ishabah 1/213 dan Tahdzib al-Asma 1/142
2. Dan disadur dari berbagai sumber pendukung lainnya.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 21 Juli 2022, dan terakhir diedit tanggal 14 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya