Sejarah

 

Nuzulul Quran #6: Alquran Diturunkan kepada Rasulullah SAW dan Hikmahnya

Kadangkala Rasulullah menantang kaum kafir untuk menandingi al-quran hanya dengan sebagian al-quran. Maka ketika mereka tidak mampu menandingi sebagian al-quran tersebut,

Nuzulul Quran #4: Di turunkannya Al-Quran ke Lauh Mahfudh

Al-quran berada di Lauh Mahfudh dengan cara dan dalam masa yang tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah dan makhluk yang Allah kehendaki untuk mengetahui perkara ghaibNya

Nuzulul Quran #3: Al-Quran Diturunkan di Luar Bulan Ramadhan, Benarkah?

Hadist diatas meununjukkan kepada kita untuk memperbanyak membaca al-quran terlebih di bulan Ramadhan ini

Nuzulul Quran #2: Al-Quran Diturunkan 17 Ramadhan, Benarkah?

Rujukan yang menjadi pegangan ulama yang mengatakan Nuzulul Al-Quran pada 17 Ramadhan berdasarkan surat Al-Anfal ayat 41

Nuzulul Quran #1: Sejarah Turunnya Al-Quran

Setidaknya momentum ramadhan ini tentu saja menganjurkan kepada kita untuk lebih giat dan tekun dalam membaca, memahami dan menguak rahasia dalam kitab suci tersebut

Peranan Aceh dalam Dunia Tasawuf dan Tarekat

 Kita mengenal beberapa zawiyah yang muncul di Aceh, namun hampir tidak ada tokoh besar yang muncul yang setara dengan beberapa yang telah saya jelaskan di atas. 

Ketika Kegentingan 1999, Kiai Hasyim Muzadi Diminta Sowan pada Orang Saleh

Ketika pasca-kerusahan 1999, Kiai Hasyim Muzadi diminta sowan kepada orang-orang saleh.

Perang Fathu Mekah Terjadi Pada Tanggal 20 Ramadhan

Peperangan tersebut dipicu oleh perlakuan orang Quraisy yang merusak satu perjanjian dari beberapa perjanjian Hudaibiyyah. Orang Quraisy bersekongkol dengan kabilah lainnya untuk memerangi orang-orang yang berdamai dengan Rasul.

Pakaian Hari Raya untuk Hasan dan Husen

Rasulullah SAW sangat bahagia ketika cucu beliau Hasan dan Husen tertawa, dan tidak suka melihatnya menangis.Hal ini terlihat dalam suatu peristiwa di saat menjelang hari raya.

Mufassir yang Menadhamkan Tafsirnya

Diantara kehebatan para mufassir dalam berinteraksi dengan al Quran dan umat adalah kemampuan mereka menyajikan materi tafsir dalam bentuk nadzaman (bait-bait) yang mudah dihafalkan oleh para pelajar dan para pengkaji tafsir. sebagian ada yang fokus pada kata-kata ghorib saja,