Tuntunan Ibadah

 

Wajibkah Mengulang Mandi Saat Terdapat Sperma dalam Kemaluan Perempuan?

LADUNI.ID, Seorang perempuan mengeluarkan sperma setelah mandi besar (janabat) namun ia tidak tahu perihal sperma tersebut, apakah spermanya sendiri ataukah sperma suaminya.

Berbagai Macam Jenis Mandi yang Terdapat dalam Agama Islam

LADUNI.ID,  Mandi besar dalam masyarakat kita menjadi lawan dari mandi biasa. Artinya mandi keseharian yang biasa dilakukan untuk membersihkan dan menyegarkan badan.

Hukum Kencing Sambil Berdiri

Untuk mencegah terkena najis ini maka kencing sambil jongkok yaitu pilihan terbaik. Mengenai kencing sambil berdiri, hukumnya adalah boleh

Hukum Mencukur Bulu Kemaluan atau Istihdad dalam Islam

Dari beberapa hadits yang mengatakan tentang kesunnahan mencukur bulu kemaluan, para ulama kemudian sepakat jika hukum mencukur bulu kemaluan adalah sunnah

Jumlah Volume Air untuk Mandi Wajib

kadar air yang disiapkan untuk mandi junub adalah sebanyak satu Sho’ sementara untuk wudhu adalah sebanyak satu Mudd

Bacaan dan Gerakan Wudhu yang Harus Muslim Ketahui

Jika kita perhatikan, sebenarnya gerakan wudhu tidaklah jauh berbeda dengan tindakan mencuci muka dan lainnya yang bukan ibadah. Bedanya adalah wudhu merupakan bentuk ketaatan kita terhadap perintah Allah.

Macam-macam Najis dan Cara Menyucikannya

LADUNI.ID, Najis secara bahasa berarti segala sesuatu yang dianggap kotor meskipun suci. Bila berdasarkan arti harfiah ini maka apa pun yang dianggap kotor masuk dalam kategori barang najis, seperti ingus, air ludah, air sperma dan lain sebagainya

Menurut Para Ulama Beginilah Hukum Bersuci Menggunakan Tisu

Telinga kita begitu akrab dengan an-nadhafatu minal iman, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Atau at-thuhuru syartul iman, kesucian merupakan separoh dari keimanan.

Batasan Umur Anak, Membatalkan Wudhu ketika Disentuh

Dalam mazhab Syafi’i merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan wudhu.

Lima Hal yang Membatalkan Wudhu

Adapun hadats itu ada dua macam, hadats kecil yang mampu dihilangkan dengan wudhu, dan hadats besar yang dihilangkan dengan mandi wajib. Secara otomatis hadats kecil merupakan hal-hal yang membatalkan wudhu.