Tasawuf

 

Mengubah Jiwa

Perubahan zaman mengandung konsekuensi perubahan bagi setiap orang

Menyembuhkan Penyakit Hati

Penyakit hati hanya bisa sembuh dengan riyadhah, aksi nyata untuk melawan jenis penyakit yang diderita, bukan sekedar dengan mendengar nasehat dan teori keilmuan

Pentingnya Belajar Akhlaq menurut Imam Al-Ghazali

Banyaknya sebutan yang dialamatkan terhadapnya mencerminkan bahwa, wawasan keilmuannya begitu luas dan dalam. Kita bisa melihat khazanah keilmuan Al-Ghazali dari karya-karyanya yang sangat banyak yang masih tersimpan rapi hingga sekarang.

Kisah Guru Sufi dan Si Bahlul

Ketika Syekh Junaid mendekati Bahlul, dia melihat Bahlul sedang gelisah sambil menyandarkan kepalanya ke tembok batu. Syekh Junaid memberi salam kepadanya dan beliau menjawab seraya bertanya semula, "Siapakah engkau?"

Makna Dzikir Ruhani

Dzikir Lisan adalah dengan cara membaca Al-Qur'an, takbir, tahlil, tahmid, istigfar, do'a, wirid, dan sebagainya dengan suara yang dapat didengar oleh telinga. Dzikir Qolbi adalah menghadirkan hati dengan penuh keyakinan akan keberadaan Dzat, Sifat, Asma dan Af'al Allah, Dzat yang Maha melihat, Maha mendengar.

Antara Pancasila, Seni dan Tasawuf

Buku yang ada di tangan saya ini berjudul “Irfan va Honar dar Dore-ye Modern” atau “Tasawuf dan Seni di Era Modern”. Buku setebal 507 halaman ini tidak sangaja saya temukan saat sedang jalan-jalan di sebuah toko buku. Tulisan di buku ini cukup mudah untuk dicerna karena berupa kumpulan artikel karya Shahram Pezouki yang dimuat di berbagai jurnal tentang isu-isu penting dalam dunia tasawuf.

Mengenal Hakikat dan Makrifat Doa

Berdoa adalah salah satu cara berkomunikasi seorang hamba kepada Penciptanya. Berdoa bukan karena dalam kesulitan saja, bukan pula karena kekurangan atau disaat musibah menimpa diri, tetapi berdoa adalah syariat yang diperintahkan Allah swt kepada hamba-Nya dalam segala kondisi, senang atau susah, suka maupun duka.

Syajaratul Ma’arif Bagian 5: Perintah-Perintah yang Bersifat Bathin (4)

Kitab Syajaratul Ma’arif: Tangga Menuju Ihsan karya Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam membahas kelanjutan bab 5 tentang “Perintah-Perintah yang Bersifat Bathin”. Perintah bathin apa saja itu?

Pengkafiran adalah Hak Prerogatif Allah SWT

"Hentikan lidahmu (menuduh kafir atau sesat) kepada ahli kiblat (umat Islam) selama mereka masih mengucapkan Lâ Ilâha Illallâh Muhammadur-Rasûlullâh," (Imam Al-Ghazali).

Syajaratul Ma’arif Bagian 5: Perintah-Perintah yang Bersifat Bathin (3)

Tulisan ini adalah kelanjutan isi dari kitab Syajaratul Ma’arif: Tangga Menuju Ihsan karya Syaikh Al-‘Izz bin Abdus Salam. Pada tulisan kali ini, membahas tentang kelanjutan bab 5 tentang “Perintah-Perintah yang Bersifat Bathin”.