Pesantren Darunnajah Trenggalek

Pesantren Darunnajah Trenggalek

Profil
Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. Pondok Pesantren ini didirikan pada tahun 1950 yang didirikan oleh Almaghfurlah Romo K.H. Bastomi, Ibu Nyai Hj. Robi’ah Sa’diyah. Beliau mendirikan pondok pesantren diatas tanah miliknya sendiri. Beliau mula-mula mendirikan Madrasah Diniyah di dekat rumahnya, namun karena madrasahnya tidak cukup untuk menampung para santri, akhirnya beliau mendirikan pondok pesantren. Setelah K.H Bastomi dan Hj. Robi’ah wafat pondok ini di asuh oleh putrinya yaitu Ibu Hj. Mathoyatul Ma’rifah sampai sekarang.

Pondok Pesantren Putri Al-Ma’rifah Darunnajah terus berkembang pesat. Baik mengenai santrinya maupun perkembangan fisiknya karena keadaan pondok pesantren sangat dibutuhkan masyarakat.Pondok Pesantren Darunnajah merupakan lembaga pendidikan yang dipersiapkan untuk mendidik generasi muda dengan berbagai macam ilmu agama dan ilmu pendidikan, dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia. Diharapkan dengan berbagai macam ilmu agama dan ilmu pendidikan dapat dijadikan bekal ketika terjun dilapangan (masyarakat) agar dapat mandiri.

Pondok Pesantren Darunnajah membekali para santrinya dalam bidang ilmu agama yakni menghafalkan al-Qur’an bagi santri yang berminat dan tanpa paksaan dari pihak lembaga pesantren, dengan harapan setelah tholabul ilmi dapat mengamalkan ilmunya dalam bidang al-Qur’an pada masyarakat/ daerah masing-masing, karena kita ketahui bahwa al-Qur’an merupakan pedoman hidup manusia dan terpenting dalam kehidupan.

Pengasuh : KH. Ibnu Mubarok
Pendiri : KH. Basthomi
Pendidikan

Dibawah naungan Pondok Pesantren Darunnajah terdapat beberapa lembaga pendidikan.
Pendidikan Formal 
1. MI Plus Darunnajah
2. SMP Islam Ma'rifah Darunnajah
3. MA Darunnajah.
Pendidikan Informal 
1. Madrasah Diniyah 
Pendidikan nonformal 
1. Lembaga Pendidikan Bahasa.
Fasilitas 
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
Pengajian Kitab Kuning, Sorogan Al-Quran, Tahaffudz Al-Quran, Jamiyatul Quro', Bahtsul Masail, Jam'iyah Diniyah, Seni Sholawat Al-Banjari, Diklat Ubudiyah, Kaligrafi, Bina Karya, Paket B, Paket C, Pengajian Rutin Malam Ahad (Masyarakat Umum), Kuliah Subuh (Alumni dan Masyarakat Umum). Alamat
Jl. Soekarno Hatta no 22A, Kelautan Kec. Trenggalek, 66313, Kab. Trenggalek
(0355)79218

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 

Alumni Pesantren Darunnajah Trenggalek