Pesantren Al Isti'anah Palangitan Pati

 
Pesantren Al Isti'anah Palangitan Pati

Profil

Pondok Pesantren Al Isti’anah Plangitan Pati Jawa Tengah didirikan  pada tanggal 23 Agustus tahun 1993 oleh BRIPTU KH. Nur Rohmat, dibawah naungan dan pengelolaan Yayasan Al Isti’anah Plangitan Pati yang juga dipimpin oleh KH. Nur Rohmat. Pesantren Al Isti’anah merupakan lembaga pendidikan agama yang berciri khas pesantren salaf ala ahlissunnah wal jama’ah penerus tali tasbih walisongo di bumi Nusantara dan penerus tali perjuangan para pahlawan bangsa Negara Kesatuan Republik indonesia  dengan semboyan “ NKRI HARGA MATI ”.

Sejak berdirinnya pesantren Al Isti’anah sampai sekarang, pesantren tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama klasik (kitab-kitab kuning) saja, tetapi juga  mendirikan unit pelatihan-pelatihan kerja (life skill) sebagai bekal dan mempersiapkan pengembangan potensi santri yang sesuai dengan karakteristik, emosional, dan spiritual dalam prospek memposisikan peranya kelak ketika terjun kemasyarakat.

Saat ini pelatihan-pelatihan yang ada, diantaranya, unit mebelair/pertukangan kayu, pertukangan batu/bangunan pertanian/perkebunan, bengkel las dan menjahit. Kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan santri untuk bertahan dan meningkatkan kualitas hidup dalam semua lingkungan dengan memanfaatkan sumber-sumber alam yang tersedia.

Terbukti banyak alumni santri yang disamping alim ilmu agam juga mampu bersaing dalam bidang usaha dan wirausaha dan juga untuk peningkatan mutu kualitas hidup bermasyarakat yang bermartabat dan terhormat. Itu adalah tujuan pengasuh pesantren, santri harus mampu bertahan hidup yang berkualitas dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi orang lain, dan  jangan menjadi santri yang hanya mengharap pemberian orang lain ketika diundang pengajian.

Sejarah
Pesantren ini berdiri pada tanggal 23 Agustus 1993 di desa Plangitan Pati Jawa Tengah. terletak di pinggir desa Plangtian sebelah selatan. awal pendirian pesantren ini bermula dari para santri yang mulai khidmah (ikut pak yai) sejak KH. Nur Rohmat sejumlah 10 santri yang berasal dari daerah Grobogan.  peristiwa tersebut pak yai masih ngontrak rumah di desa Puri pati. alhmadulillah Allah berkehendak menunjukkan jalan untuk hijrah ke desa plangitan pati.

Rumah pengasuh awal mula berdiri di atas tanah mewah (mepet sawah) tanah ini awalanya masih sangat sepi sekali dari perumahan penduduk kampung. dengan gigih dan semangat dakwah yang tinggi yang awalnya santri dari desa puri tersebut mulai di usahakan pembangunan gedung pesantren. pesantren ini terbilang unik sekali karena pembangunannya dilakukan oleh santri tersebut. sampai akhirnya pesantren ini resmi diresmikan pada tanggal 23 Agustus 1993.

Nama Pesantren.
Pesantren ini bernama Pondok Pesantren Al Isti'anah. nama tersebut di berasal dai gurunya KH. Nur Rohmat yaitu syeikh Abdurrohman Muslih Mranggen sekaligus beliau adalah guru Mursyid K.H Nur Rohmat.nama al ist'anah di ambil dari firman Allah "wast'inu bisshobri wassholah" kata wasta'inu berasal dari kata  mandi ista'ana yasta'inu yang berarti pertolongan, maka muncullah nama Isti'anah dengan harapan pesantren ini menjadi sarana pertolongan bagi siapa saja, seperti yang di harapkan oleh syeikh Abdurrahman.

Pendiri
KH. Nur Rohmat

Pengasuh
KH. Nur Rohmat

Pendidikan

  Pendidikan Formal:
1. MTs IBS
2. MA IBS
  Pend-dikan Nonformal:
1. TPQ
2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

Pesantren Al Isti’anah Plangitan Pati mengembangkan ekstrakurikuler di antaranya:
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Khitobah
4. Hadrah
5. Ziarah
6. Bahasa Arab Club
7. Bahasa Inggris Club
8. Olahraga: Pencak Silat, Sepakbola, Voli, Basket, Senam, Tenis Meja, Bulutangkis
9. Pramuka
10. PMR
11. PBB
12. Komputer
13.Desain Grafis
14. Jurnalistik
15. Teater


Hadrah di pesantren Al Isti’anah


Pramuka di pesantren Al Isti’anah

Fasilitas

Pesantren Al Isti’anah Plangitan Pati memiliki berbagai fasilitas di antaranya:
1. Masjid
2.  Gedung Asrama Santri Putra dan Putri Terpisah
3. Gedung MTs IBS
4. Gedung MA IBS
5. Kantor
6. Aula
7. Lapangan
8. Laboratorium IPA
9. Laboratorium Komputer
10. Laboratorium Bahasa
11. Koperasi
12. Kantin
13. Dapur
14. BLK
15. Klinik Kesehatan Pesantren
16. Sanitasi dan MCK
17. Gudang


Masjid di pesantren Al Isti’anah


Gedung pesantren di pesantren Al Isti’anah

Alamat

Komplek Pondok Pesantren Al Isti’anah Plangitan Pati Jawa Tengah (Jalan Ronggo Warsito Gang Nangka Plangitan Pati )
Kode Pos: 59113
Telepon:

     

KUNJUNGI JUGA


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

                

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.