Pesantren Jagasatru Cirebon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
Pesantren Jagasatru Cirebon

Profil

Pondok Pesantren Jagasatru adalah salah satu pondok yang terletak di Kelurahan Jagasatru Kota Cirebon, Pesantren Jagasatru didirikan pada Tahun 1920 oleh Habib Syaikani, yaitu ulama kharismatik kelahiran Palimanan. Habib Syaikani merupakan seorang Habib atau Dzuriat Nabi Muhamad SAW, oleh karena itu masyarakat pada umumnya memanggilnya dengan sebutan “Habib Syaikani, atau Habib Syekh”.

Pada saat melanjutkan studi di Pesantren Karang Sembung Habib Syaikhani diambil menantu oleh putera Patih Sultan Kanoman Cirebon. Setelah melangsungkan pernikahan Habib Syaikhani melanjutkan perjalanan intelektualnya ke beberapa pesantren, salah satu diantaranya yaitu pesantren Wanasaba dan Plered Cirebon, selepas puas mendapatkan ilmu-ilmu agama barulah kemudian Habib Syaikhani merintias suatu usaha untuk mengajarkan ilmu yang sudah didapatnya. Caranya dengan membuka pengajian di Jagasatru.

Pengajian yang dibuka di Jagasatru pada mulanya adalah pengajian yang diperuntukan untuk ibu-ibu orang-orang yang memerlukan penerangan tentang agamaIslam, pengajian digelar dalam majlis ta’lim di Mushala.

Lama kelamaan keilmuan Habib Syaikhani diketahui orang banyak, sehingga banyak diantara mereka menitipkan anaknya untuk di didik  ajaran Islam. Dari sinilah Majlis Ta’lim yang didirikan oleh H. Syaikhani berubah menjadi Pesantren. Secara kelembagaan pesantren resmi terbentukpada tahun 1920 dengan nama Pesantren Jagasatru, mengambil nama tempat atau kampung dimana H. Syaikhani berdakwah.

Setelah H. Syaikhani wafat pada 14 Juni 1964, kepengurusan Pesantren dilanjutkan oleh putranya Habib Muhammad Yahya yang lebih dikenal dengan sebutan “Kang Ayip/Habib Ayip”.

Dibawah kepemimpinan Kang Ayip Pesantren Jagasatrumengalami perkembangan pesat, dikenal luas oleh masyarakat Cirebon bahkan luar Cirebon. Selama memimpin Pesantren Kang Ayip  dikenal sebagai seorang Kiai yang demokratis, dari itulah kebanyakan masyarakat waktu itu menyukainya.

Pesantren Jagasatru  semakin berkembang pesat di bawah pengelolaan keturunan Habib Syekh yakni Habib Muhammad Yahya atau dikenal Kang Ayip Muh, Habib Abu Bakar, Habib Muhammad Toha, dan Habib Muhammad Thohir. 

Di antara capaian pesantren tua ini yaitu pada 1993 Pesantren Jagasatru mendirikan MTs An Nur yang berlokasi di Jalan Pangeran Drajat. Pada 2004 dan 2005, Pesantren Jagasatru mendirikan Madrasah Aliyah putri An Nur dan taman belajar paket B Ponpes Jagasatru.

Kini Pesantren Jagasatru dipimpin Habib Hasanain putra dari Habib Muhammad Yahya. Kurang lebih ada sekitar 400 santri baik putra maupun putri. Meski telah berganti kepemimpinan, Pesantren Jagasatru tetap mempertahankan ciri khasnya dengan mengajarkan kesederhanaan dan kemandirian pada santrinya. 

Di pesantren ini, santri bukan saja tak diperkenankan membawa dan menggunakan alat-alat elektronik. Bahkan santri harus memasak sendiri untuk makan sehari-harinya. 

Pengasuh

  1. Habib Syaikhani
  2. Habib Muhammad Yahya
  3. Habib Abu Bakar
  4. Habib Muhammad Toha
  5. Habib Muhammad Thohir
  6. Habib Hasanain

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. MTs An Nur
  2. MA An Nur

Pendidikan Non formal

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah
  3. Kajian Kitab Kuning
  4. Taman Belajar Paket B

Ekstrakurikuler

  1. Tahfidzul Qur’an, Ta’limul Qur’an
  2. Qiroatul Qur’an bit Tartil Wat Taghonni
  3. Belajar al-Qur’an 
  4. Kursus Mu’allim Al Qur’an
  5. Pengajian Kitab Kuning
  6. seni Hadrah, khitobah
  7. Kursus Kaligrafi
  8. Kursus Komputer
  9. Kursus Bahasa Arab 
  10. Bahasa Inggris
  11. Seni Bela Diri.
  12. Ketrampilan Hidup/Kerja: Komputer Office, Menjahit, Memasak, Ketrampilan Wanita



 


Fasilitas

  1.  Masjid
  2.  Asrama Pesantren
  3.  Gedung Sekolah
  4.  Gudang
  5.  Perpustakaan
  6.  MCK/WC
  7.  Laboratorium Komputer
  8. Laboratorium Bahasa
  9.  Ruang tamu
  10. Kopontren
  11. Dapur
  12. Aula
  13. Lapangan
  14. Kantor
  15. Free Wifi
  16. Perpustakaan Digital

 


 



Alamat

Kelurahan Jagasatru Kecamatan. Pekalipan Kota Cirebon Jawa Barat

Kode Pos: 45116

Telepon:  (0231) 209568

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.