Pesantren al-Ghazali Bangkalan

Pesantren al-Ghazali Bangkalan

Profil
Untuk mengetahui sejarah Pondok Pesantren al-Ghozali maka tidak akan bisa terlepas dari figur KH.Fachruddin selaku pendiri pondok pesantren al-Hasani. KH.fachruddin muda sering membantu aktifitas pengajian kitab dan al-quran bersama kakak tertuanya KH.badrun, setelah KH.fachruddin menikah dg Nyai fatmawati tepatnya pada tahun 1975 beliau berpindah ke rumah istri beliau yang kemudian di ikuti oleh semua santri-santri beliau.

KH.fachruddin terus mengembangkan pesantrennya yang mula-mula beliau namakan Nurul akhlaq (cahaya akhlaq) Pada tahun 1993 beliau berpindah lagi ke dusun merake kemudian beliau membangun pondok putra dan pondok putri serta kediaman beliau dan kemudian beliau mengganti nama pesantrennya dengan nama PONDOK PESANTREN RAUDHOTUL MUTA’ALLIMIN AL-HASANI, Sehingga Pada tanggal 11 bulan januari 2006 berdirilah yayasan pondok pesantren al-hasani dengan notaris HM.HAMDOEN HAMSYOUSA. SH, dan pada tanggal 01 maret 2006 pondok pesantren al-hasani mendapatkan PIAGAM terdaftar dari kepala kantor wilayah departemen Agama provinsi jawa timur dengan no Statistik : 512352616110.

Untuk diberikan hak menurut hukum dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren Al-Ghozali. nama alhasani sendiri di ambil dari nama kakek dari pendiri Pondok Pesantren Al-Ghozali KH.Hasan, KH. Hasan kakek dari pada KH. Ghozali ayahanda dari pada Pendiri ponpes Al-Ghozali KH. Fahruddin Ghozali . Kemudian pada tahun 2002 KH. Zainul arifin membuat sebuah situs resmi ponpes al-Ghozali dengan nama www.alhasani.com namun karena sudah ada yang terdaftar dengan nama tersebut maka beliau merubahnya denganwww.alghozali.net Dan pada tahun 2013 beliau memperbarui Akte Notaris yayasan yang langsung di daftarkan ke pusat mentri hukum dan HAM dengan nama ” YAYASAN ELHASANI ” Alhamdulillah SK dari mentri hukum dan HAM yayasan elhasani sudah keluar mudah mudahan elhasani semakin maju amien ….

Pendidikan
Pendidikan Formal adalah:
1. Madrasah Tsanawiyah Alghazali
2. Madrasah Aliyah Alghazali Keagamaan ( MAAK )

Pendidikan Informal adalah:
madrosiyah diniyah, ma'hadiyah, musyawirin minhaj, tahfidz, darsul idofi.

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
–  Cara cepat baca kitab kuning Metode Al-Muroqi
–  Kursus bahasa arab
–  Belajar Al-Quran Bittaghonni dan Tartil
–  Pembinaan aswaja mengenal akidah ahli sunnah wal jama’ah
–  Program presentasi dan Tabligh Sebagai Penguatan Dakwah
–  Kesenian Habsiyan Nuhas & Nuza
–  Tari Sufi & Zafin
–  Kesenian Kaligrafi
–  Lajnah Bahstul Masail Forum Intelektual Santri Nusantara ( lbm.Foiss )
–  Mading Majalah Dinding
–  RAMAH Rabithah Alumni Alghazali
–  Husna
–  Aurod Thoriqoh Alawiyyin& Khususiyah
–  FORTAIS
–  Kopontren
–  Multimedia AlGhazali TV
–  DLL

Alamat
Jl. Kokop, Sabreh Aengtabar Kec. Tanjung Bumi 69156 Kab. Bangkalan, Madura, Jawa Timur (031)-70941528
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi  https://alghazali.net/, alghazali.sabreh@gmail.com, dan lbm.foiss@gmail.com

    

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.