SMK Walisongo Pecangaan Jepara

SMK Walisongo Pecangaan Jepara

Profil
Berdasarkan penyelenggaraanya, SMK Walisongo merupakan lembaga pendidikan termuda di bawah naungan Yayasan Walisongo Pecangaan Jepara. Keberadaan SMK Walisongo adalah upaya pengembangan di bidang pendidikan dari Yayasan Walisongo melalui lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah, sehingga nama lembaga tersebut pada awalnya adalah SMK Kelas Jauh di MA Walisongo.

SMK Kelas Jauh di MA Walisongo mulai menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan diklat pada tahun pelajaran 2004/2005 dengan Program keahlian Kria Tekstil, berdasarkan Surat Kesepakatan bersama pembukaan SMK Kelas Jauh antara Madrasah Aliyah Walisongo dengan SMK Negeri 2 Jepara yang ditandatangani pada tanggal 12 Juni 2004. Surat Kesepakatan tersebut dikuatkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas P dan K Kabupaten Jepara No. 421.5/00171 tentang Penunjukan SMK Negeri 2 Jepara menjadi SMK Induk Bagi SMK Kelas Jauh di MA Walisongo Pecangaan.

Satu tahun kemudian SMK kelas jauh di MA Walisongo mulai berkembang dengan membuka program keahlian baru yaitu Teknik Mekanik Otomotif. Seiring perkembangannya, pada tahun ke–3 (tahun 2007/2008) SMK Kelas Jauh di MA Walisongo mengajukan ijin operasional mandiri ke Bupati Jepara. Alhamdulillah dengan Rahmat Allah dan perjuangan semua stake holder sekolah pada tanggal 26 Juli 2007 SMK Kelas Jauh di MA Walisongo mendapat ijin operasional mandiri dengan nomor surat 421.4/3290. Dengan demikian, SMK Kelas Jauh di MA Walisongo resmi menjadi lembaga/unit mandiri dengan nama SMK Walisongo Pecangaan Jepara

Pada awal tahun pelajaran 2008/2009 SMK Walisongo melaksanakan akreditasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Sekolah/Madrasah pada tanggal 27 sampai 30 Agustus 2009. Hasil Akreditasi adalah Baik (B) untuk semua Program Keahlian baik Kria Tekstil maupun Teknik Mekanik Otomotif. Selanjutnya, tahun 2010/2011 sekolah membuka program keahlian baru, yaitu program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Pada Tahun Pelajaran 2011/2012 SMK Walisongo Pecangaan menerapkan sistem manajemen mutu ISO: 9001:2008 sebagai komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dengan menerapkan manajemen pendidikan yang baik. Sebagai wujud pengembangan sekolah maka Tahun Pelajaran 2014/2015 sekolah membuka kompetensi keahlian yang terbaru yaitu kompetensi keahlian Perbankan Syariah. Dan pada tahun yang sama SMK Walisongo Pecangaan melaksanakan akreditasi untuk yang kedua kalinya dengan mendapatkan nilai Sangat Baik (A).
Kompetensi Keahlian :
1. Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
2. Jurusan Kriya Teksil (KT)
3. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
4. Perbankan Syariah (PBS)
Fasilitas
  1. Gedung Sekolah
2. Ruang laboratorium / bengkel meliputi:
a.Jurusan Teknik Kendaraan Ringan meliputi: Bengkel Otomotif Dasar, Bengkel Las, Bengkel Chasis & Pemindah Tenaga, Bengkel Kelistrikan Otomotif serta bengkel New Bintang 9 yang dilengkapi dengan berbagai peralatan yang lengkap dan canggih
b. Ruang Praktek Tata Busana dan Butik
c. Ruang praktek perkantoran, perbankan
d. Ruang Lab Jaringan Komputer
3. Lapangan olah raga yang cukup luas terdiri dari lapangan sepak bola, dan lapangan bola voli
4. Tempat Parkir yang sangat luas
5. Mushola, UKS, Perpustakaan, Toilet, Kantin
6. Free hot spot area (akses internet tanpa kabel dan gratis) 
Ekstrakurikuler
seni baca al Qur’an, pramuka, hadrah, silat, voli, sepakbola, praktek bengkel, praktek elektronik, praktek jaringan komputer, PMR.
Alamat
Jl. Kauman No. 1, Pecangaan Kulon, Jepara Kode Pos : 59462
Telp. : (0291)3300509
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://www.smkw9jepara.sch.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.