MA Walisongo Pecangaan Jepara

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga Daftar Sebagai Alumni
 
MA Walisongo Pecangaan Jepara

Profil

Madrasah Aliyah merupakan sekolah Menengah setara SMU yang berlandaskan Agama Islam. Madrasah yang berlokasi di Jl. Kauman No. 01 Pecangaan Jepara ini telah ditetapkan sebagai salah satu dari beberapa MA yang terakreditasi tipe A di Indonesia. MA Walisongo Pecangaan ini secara berkesinambungan terus berpacu dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pelaksanaan pendidikan, sehingga saat ini telah menjadi salah satu komplek sekolah yang sangat favorit di kota Jepara.

Sejarah dan perkembangan MA “Walisongo” Pecangaan, tidak bisa lepas dari berdirinya sebuah lembaga pendidikan Nahdlatul Ulama yang berdiri pada tanggal 5 Agustus 1965, yaitu Muallimin NU. Lembaga inilah yang menjadi cikal bakal bagi seluruh lembaga pendidikan yang sekarang ini dikelola oleh Yayasan Walisongo yakni; Madrasah Diniyah Awwaliyah, Wustho, dan Ulya, MTs, MA, MAK, SLTP, SMU dan SMK Kriya Tekstil Pada tahun 1971, dengan dasar pertimbangan untuk memilih lokasi yang strategis di kota Kecamatan maka PGAA dipindah ke Pecangaan.

Seiring dengan itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada saat itu maka pada tahun 1978, PGAP berubah menjadi MMP (Madrasah Menengah Pertama), sedang PGAA tetap berjalan sampai kemudian pada tahun 1979, MMP menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan PGAA menjadi Madrasah Aliyah (MA) “Walisongo”. Keberadaan MA “Walisongo” semakin kuat secara Yuridis setelah dikelola oleh sebuah yayasan yang berbadan hukum, melalui Akte Notaris J. Moeljani, SH Nomor 100 pada tanggal 15 Pebruari 1980 yang bernama Yayasan Walisongo yang berkedudukan di Pecangaan. Sejak nama madrasah berubah menjadi MA “Walisongo” sampai dengan tahun ke-15 keberadaannya berjalan dengan apa adanya dan tetap bersetatus terdaftar.

Hal ini tidak terlepas dari tidak adanya political will dari pemerintah. Baru pada usianya yang ke-16, status MA “Walisongo” Pecangaan menjadi Diakui setelah lulus akreditasi, dikuatkan dengan Surat Keputusan No.SK/Sc/28/Pgm MA/1979 tertanggal 31 Oktober 1979. Pada Akreditasi terakhir yang dilaksanakan olen Badan Akreditasi Propinsi Sekolah / Madrasah MA Walisongo Pecangaan kembali ditetapkan sabagai Madrasah yang terakreditasi tipe A dengan Surat Keputusan Ketua BAP-S/M Jawa Tengah nomor 158/BAP-SM/XI/2009 tang ditetapkan di Semarang tanggal 11 Nopember 2009

Identitas Sekolah

Nama Sekolah :  MAS WALISONGO
NPSN   :  20362971
Alamat  :              JL. KAUMAN NO.1 PECANGAAN
Kodepos:  59462
Desa/kelurahan :   Pecangaan Kulon
Kecamatan : Pecangaan
Kabupaten/Kota: Jepara
Provinsi              : Prov. Jawa Tengah
Status Sekolah :   SWASTA
Waktu Penyelenggaraan
jenjang Pendidikan : MA
 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah

 

Ekstrakurikuler

1) Al Qur’an Bittaghonni.
2) Rebana JAMAWAS.
3) Seni Lukis / Seni Rupa
4) Sepak Bola.
5) Bola Voli.
6) Bola Basket
7) Pencak Silat Pagar Nusa

Sedangkan untuk membekali siswa dalam bidang ketrampilan dan bidang-bidang lain yang bermanfaat, madrasah menyelenggarakan kegiatan ekstra sebagai berikut :

1) Ketrampilan Tata Boga.
2) Ketrampilan Menjahit.
3) Palang Merah Remaja.(PMR).
4) Patroli Keamanan Sekolah (PKS).
5) Kursus Komputer.
6) Pramuka.
7) Latihan Khitobah dan al Barzanji
8) IPNU dan IPPNU
9) Jurnalistik
10) Sablon.  

   

 

Alamat

Jalan Kauman No. 1, Pecangaan, Pecangaan Kulon, Pecangaan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Kode Pos: 59462
Telepon: (0291) 755131
 
 
 
 

 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.