Pesantren Al-Hadi Min Aswaja Pekalongan

Pesantren Al-Hadi Min Aswaja Pekalongan

Profil
Pondok pesantren Al Hadi Min Aswaja didirikan oleh kyai abdul Abdul Hadi. Berawal dari sebuah amanah gurunya untuk terus menuntut ilmu dan mengamalkan ilmu. Maka kyai abdul hadi selaku pengasuh pondok pesantren Al hadi min ASWAJA bertekad untuk mendirikan majlis ta’lim di kampung halamannya yaitu panjang wetan kota pekalongan. Pada tahun 2001 beliau mulai merintis majlis ta’lim tersebut. Jiwanya merasa terpanggil untuk memperbaiki masyarakat tempat tinggalnya yang dilanda krisis kehidupan, kyai abdul hadi mendirikan majlis ta’lim sebagai pusat pendidikan dan penyiaran islam.

Pada mulanya kyai abdul hadi mengajak teman-teman sepermainannya untuk mengaji bersama dirumah beliau. Dari jumlah yang sedikit dengan terus berusaha dengan diiringi do’a beliau tidak pernah bosan mengajak masyarakat untuk belajar khususnya di bidang keagamaan. Berkat rahmat Allah semakin banyak orang-orang yang mengaji di tempat beliau. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua. Dalam mengajak masyarakat Beliau berusaha memasuki semua kalangan dan mengikuti kebiasaan mereka. Itu adalah salah satu cara agar dakwah bisa diterima, seperti dakwahnya para walisongo. Pada tahun 2008 pondok pesantren Al Hadi Min Aswaja terdaftar dalam kemenag. 

Pondok pesantren Al Hadi Min Aswaja adalah sebuah lembaga dengan terus mempertahankan nilai-nilai ajaran Ahli sunah wal jama'ah dan terus mengikuti perkembangan zaman sehingga diharapkan dimasa mendatang para santri dapat melestarikan perjuangan ulama dalam mengembangkan syi’ar islam dalam berbagai situasi dan kondisi.Semula pendidikan di pondok pesantren Al Hadi Min Aswaja ini hanya menggunakan sistem bandongan dan Sorogan. Tetapi seiring dengan perkembangannya maka di tambah dengan sistem madrasah diniyah dimana santri dikelompokkan sesuai dengan kemampuannya sehingga mempermudah kegiatan belajar mengajar. Lokasi pondok pesantren Al Hadi Min Aswaja tidak jauh dari kampus IAIN Pekalongan. Dengan lokasi yang strategis ini banyak mahasiswa yang ingin menambah khazanah keilmuannya khususnya di bidang agama. Hingga kini santri Pondok Pesantren Al Hadi Min Aswaja mayoritas dari mahasiswa IAIN Pekalongan.  

Pendidikan
Pendidikan Informal: 
Madrasah Diniyah Tahfidz Alqur'an Majelis Taklim Mujahadah Kepesantrenan 

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
• Khitobah
• Olahraga
• Rebana Simtudduror
• Musyawaroh Kitab
• Seni Baca Al-Qur’an
• Pembacaan Maulid Ad-Diba’I Setiap Malam Jum’at
• Ziaroh. Mata Pelajaran Pokok MDA Ibtidaiyyah Nahwu, Shorof, Fiqih, Tajwid, Hadits Tsanawiyah Nahwu, Shorof, Fiqih, Tajwid, Hadits, Ushul Fiqih, Ilmu Hadits.
Alamat
Gang 1 No.35A, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan  

 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.