Pesantren Al-Ghozaliyah Jombang

Pesantren Al-Ghozaliyah Jombang

Profil
Awalnya KH. Sholikhin Hamzah dengan dukungan beberapa pihak mendirikan Pondok Pesantren Al-Ghozaliyah dengan santri yang relatif tidak banyak jumlahnya. Hal ini berangkat dari keprihatinan atas kondisi perekonomian masyarakat yang lemah sehingga menyebabkan tingkat pendidikan masyarakat menjadi sangat rendah. 

Atas keprihatinan ini, para kader dan tokoh masyarakat merasa tergugah untuk meneruskan cita-cita beliau dengan memberikan jalan keluar atas akutnya persoalan rendahnya pendidikan masyarakat. Pada tahun 1980 didirikan Yayasan Pendidikan Ghozaliyah dengan unit pendidikan Madrasah Diniyah melalui status yang hanya diakui oleh masyarakat saja. Juga upaya penggabungan Raudlatul Athfal (RA) Muslimat menjadi RA Muslimat Ghozaliyah yang sebelumnya di bawah naungan Departemen Agama unit Pengawasan dan Pendekatan Agama (PPA) Tingkat Kecamatan Jogoroto.

Sejalan dengan tuntutan kualitas sumberdaya manusia, maka tanggal 9 Juni 1983 Yayasan Pendidikan Ghozaliyah mulai terdaftar pada Akte Notaris Suyati Subadi, SH no. 32 melalui Kantor Notaris Dan Pejabat Pembuat Akte Tanah, Surabaya. Selanjutnya, pada tanggal 16 Juni 1983 ditambah satu Unit Pendidikan Formal Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ghozaliyah. Tepat tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 1 Juli 1986 satu unit bertambah, yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ghozaliyah. Dan sebagai perkembangannya, pada tanggal 17 Juli 1991 Yayasan Pendidikan Ghozaliyah mendirikan satu Unit Pendidikan Tingkat Menengah Atas/Umum, yakni Madrasah Aliyah (MA) Ghozaliyah dengan program ilmu-ilmu agama yang diikuti oleh semua siswa angkatan ke-I, ke-II dan ke-III.

Pendidikan
1.MI
2.MTs
3.MA
4.Madin
5.Tahfid Qur'an


Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Gedung Sekolah
4. Perpustakaan
5. Gedung Balai Pengobatan
6. Laboratorium Soal Madrasah
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan


Ekstrakurikuler
1. Tahfidz Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah

5. Pendidikan Baca al-Qur’an
6. Diskusi Ilmiah 
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14.
Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah

Alamat
Desa Sumbermulyo kec. Jpgoroto Kab. Jombang
 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.