Pesantren Nahdlatul Arifin Jember

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD MTS/SMP
MA/SMA Maly/Univ.
Tahfidz Laboratorium
Poli Kesehatan Koperasi
Pesantren Nahdlatul Arifin Jember

Profil

 Pondok Pesantren Nahdlatul Arifin atau Pesantren Syekh Haji Mohammad Noer yang berlokasi di lereng Gunung Argopuro, tepatnya Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember adalah salah satu pesantren tua yang ada di kota tembakau. Bangunan pesantren itu masih tampak asri dengan halaman cukup luas dan bersebelahan dengan kolam ikan milik pondok. Meski bangunan ini sederhana dan tidak tersentuh oleh bangunan modern pada umumnya, namun kesan sebagai pesantren salaf yang cukup terkenal dan mempunyai kharisma sangatlah kental.

Pesantren ini didirikan oleh Romo Yai (sebutan Syekh Haji Mohammad Noer) pada masa penjajahan Belanda. Meski tidak mengangkat senjata melawan penjajah, namun Romo Yai berjihad fi sabilillah menegakkan agama Allah dengan berdakwah dan memerangi kebathilan (amar ma’ruf nahi munkar).Peran 

Pesantren ini masih mempertahankan kemurnian sebagai pesantren tradisional yang berhaluan moderat dan tidak ekslusif tentunya dengan berpedoman faham Ahlus Sunnah Wal Jama’ah sebagaimana pesantren pada umumnya.

    Sekarang pesantren diasuh oleh Kiai Arjuni Sanwani yang merupakan cucu dari Syekh Haji Mohammad Noer. Sebagaimana pendahulunya, Kiai Arjuni Sanwani adalah ulama berwawasan luas, sederhana dan rendah hati serta humoris. Kalau kita bertamu ke rumahnya maka akan betah berlama-lama karena beliau sangat gayeng dan suka berkelakar. 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.