Juara Olimpiade Sains Nasional dari Siswa Madrasah Aliyah di Bondowoso

Juara Olimpiade Sains Nasional dari Siswa Madrasah Aliyah di Bondowoso

LADUNI.id, Bowoso - Dua siswa Madrasah Aliyah (MA) Atqia Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, berhasil menjuarai lomba Olimpiade Sain Nasional (OSN) di Tingkat Kabupaten Bondowoso tahun 2019.

Kedua siswa tersebut diantaranya, Tanwirotul Afidah kelas sepuluh (10) dengan meraih juara satu mata pelajaran biologi dan Qonitanaura, kelas sebelas (11) meraih juara dua dengan mata pelajaran kebumian.

Pengasuh Pondok Pesantren Atqia sekaligus Ketua yayasan Atqia Institute Bondowoso H Madzkur Damiri mengatakan, pihaknya bersyukur pada Allah dan bangga pada anak-anak kami yang mematuhi arahan guru-gurunya untuk belajar dengan giat. Baik ada lomba atau tidak, hasilnya ternyata mereka memang membanggakan dan berprestasi.

"Di mana memang dari awal berdirinya, kami di MA Atqia Bondowoso memang bertujuan menjadi madrasah berbasis pesantren yang memberikan bekal pengetahuan Al-Qur'an dan  Sains secara berimbang," ujarnya kepada NU Online, Kamis (14/3).

Oleh karena itu jelasnya, setiap ada moment lomba Al-Qur'an seperti MTQ, OSN kita persiapkan murid Atqia dengan sungguh-sungguh dan hasilnya kami langganan juara MTQ dan OSN. "Begitu pula setiap kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) maupun Olimpiade Sains Nasional (OSN) kita melakukan persiapan dengan baik dan hasilnya kita juga juara," imbuhnya.

Menurut pandangannya yang juga Dosen IAIN Jember tersebut, Kebanyakan anak yang berprestasi itu karena memang menyenangi pelajaran itu. sehingga belajar mereka tidak terpaksa yakni kesadaran diri. Selain itu tentu mereka ingin membanggakan orang tua mereka serta guru-guru mereka melalui prestasi yang diraih.

Ia juga berharap kegiatan lomba ini dijadikan sebagai sarana untuk belajar bagi anak dan bukan belajar untuk lomba tapi lomba untuk belajar. (Ade/NU Online)