Foto Keindahan Bumi Saat Siang Bertemu Malam di ISS

 
Foto Keindahan Bumi Saat Siang Bertemu Malam di ISS

LADUNI.ID, Saat berada di stasiun luar angkasa internasional (International Space Station/ISS), astronot sering merekam pemandangan menakjubkan planet Bumi. Termasuk foto terbaru ini yang memperlihatkan sebagian Bumi malam hari dengan siang hari.

Foto itu adalah hasil jepretandari astronot NASA, Christina Koch, pada 20 Mei dari salah satu jendela di ISS. "Beberapa kali dalam setahun, orbit ISS sejajar dengan garis bayangan Bumi siang dan malam," cuitannya di Twitter.

ISS mengorbit pada ketinggian sekitar 354 kilometer di atas permukaan Bumi dan menyelesaikan satu perjalanan keliling Bumi setiap 92 menit. Astronot pun mampu melihat 15-16 kali matahari terbit dan tenggelam setiap harinya.

"Dari sini, kami memiliki pemandangan yang mengagumkan dari planet rumah kita, Bumi," tulis Koch yang rencananya akan berada di ISS selama 328 hari.

Ia menambahkan, "Melihat pemandangan luar dari jendela ISS adalah pengalaman yang menginspirasi. Sungguh bikin fokus tentang bagaimana pentingnya untuk menjaga planet yang kita miliki ini,".

Koch berpotensi menjadi astronot wanita terlama yang berada di luar angkasa. Rencananya ia baru akan kembali mendarat ke Bumi pada tahun 2020.

Rekor sebelumnya dipegang atas nama Peggy Whitson yang berada di ISS selama 288 hari. Bersama astronot lainnya dalam misi bernama Expedition 59, Koch mengadakan 250 penelitian ilmiah di ISS.

Untuk diketahui, ISS merupakan projek gabungan dari 16 negara: AS, Rusia, Jepang, Kanada, Brasil dan 11 negara dari Uni Eropa. Dan agensi luar angkasa mereka adalah NASA Amerika, Russian Federal Space Agency, Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Canadian Space Agency (CSA/ASC), Brazilian Space Agency (Agência Espacial Brasileira) (AEB) dan European Space Agency (ESA).