Mengenal Asmaul Husna Al-Mushawwir

 
Mengenal Asmaul Husna Al-Mushawwir
Sumber Gambar: Foto Ist

LADUNI. ID, Jakarta - Pembahasan selanjutnya zikir Asmaul Husna ketigabelas Al Mushawwiru. Zikir ini bermakna Yang  menciptakan segala bentuk atau rupa.

Dia Yang menentukan bentuk langit dan bumi, bentuk manusia, bentuk binatang dan lain-lainnya. Semua bentuk yang diciptakan Allah itu indah, sehingga kita tak bosan memandangnya.

Baca juga: Puluhan Bacaleg Gagal Nyaleg Karena Tak Lulus Baca Alquran

Sementara itu menurut Syekh Al-Khathabi dan Ibnu Katsir mengatakan bahwa Al Mushawwir berarti yang membuat ciptaannya dalam berbagai bentuk yang berbeda agar saling dapat mengenal perbedaan.

Penjelasan yang hampir sama juga di utarakan oleh Syaikh Hakami, beliau mengatakan Al Mushawwir adalah yang memberi rupa makhluk-makhluk dengan tanda-tanda yang membedakan antara yang satu dengan yang lain atau yang menjadi ada berdasarkan sifat yang dikehendakinya.

Baca juga: Subhanallah, Bocah 7 Tahun Asal Inggris Hafal Alquran 30 Juz

Dalil Nama Allah, Al Mushawwiru

Pembahasan mengenai zikir ini disebutkan dalam firman-Nya berbunyi:

قَالَ رَبُّنَا الَّذِيْٓ اَعْطٰى كُلَّ شَيْءٍ خَلْقَهٗ ثُمَّ هَدٰى (٥٠)

"Musa berkata:” Tuhan kami ialah (Tuhan) yang telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, kemudian memberinya petunjuk".(QS. Thaahaa:50).

Dalam ayat lainnya juga disebutkan berbunyi:

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ ࣖ (٢٤)

"Dialah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, yang mempunyai asmaul husna. Bertasbihkepadanya apa yang di langit  dan bumi. Dan Dialah yang maha perkasa lagi maha bijaksana".(Al-Hasyr:24)