Berkat Penelitian Ilmiahnya, Dua Siswa Asal Papua Ini Akan Dibawa oleh NASA

 
Berkat Penelitian Ilmiahnya, Dua Siswa Asal Papua Ini Akan Dibawa oleh NASA

LADUNI.ID, Jakarta - Beragam prestasi selalu diraih oleh pemuda Indonesia yang justru berada di daerah. Seperti dua siswa SMA asal Papua yang telah menorehkan prestasi di kancah internasional ini. Dua siswa ini adalah Bob Kaway dan Thinus Lamek Yewi yang berasal dari SMA Advent Doyo Baru di Distrik Waibu, Desa Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua.

Berkat hasil penelitiannya, dua siswa ini bakal dibawa oleh NASA ke luar angkasa. Pasalnya, penelitian keduanya berhasil lolos dalam flight test NASA yang super ketat sehingga bisa diluncurkan dalam International Space Station (ISS). Dua siswa ini juga telah mampu mengangkat nama Papua ke kancah dunia.

Berita ini pertama kali diunggah pada akun facebook milik Noldy Worone. Seperti dilansir dari laman techno.okezone.com, Noldy menulis bahwa dua siswa cerdas tersebut telah bergabung ke dalam tim 20 peneliti muda dari Indonesia.

“Hasil penelitian mereka akan dipresentasikan di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC dalam bulan November 2016,” tulis Noldy Worone dalam akun facebooknya.

Hal ini bermula ketika Biro Pendidikan Indonesia melakukan kunjungan pada sekolah-sekolah yang ada di Papua kemudian memilih beberapa siswa cerdas untuk melakukan penelitian dengan NASA. Bob dan Thinus bergabung dengan kelompok penelitian Padi, dan pada Bulan Oktober lalu telah berhasil melewati seleksi pertama di Biro Pendidikan Jayapura.

Melalui studi inilah, Bob dan Thinus kemudian akan membantu para penyelidik untuk mengembangkan metode dan prosedur mengenai kemungkinan para astronot dapat makan sayuran yang tumbuh secara aman untuk bisa dikonsumsi.

Bob dan Thinus kemudian akan melakukan tes teknik penerbangan dengan dua tim peneliti mahasiswa Indonesia di San Jose, Amerika Serikat. Apa yang telah digagas oleh Bob dan Thinus kemudian nantinya akan digunakan oleh NASA untuk menanam makanan di luar angkasa.

NASA sendiri sudah melakukan pengujian terhadap penelitian mereka dengan sangat ketat yang kemudian akan diluncurkan dengan United Launch Alliance Atlas V dari Space Launch Complex 41 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, mengangkut kargo Cygnus ke International Space Station (ISS).

Bob dan Thinus diharapkan kelak akan lebih mengembangkan penelitian semacam ini di bawah bimbingan beberapa pakar dari Indonesia. Melalui lembaga Negara dan universitas teknik ternama di Indonesia, bukan tidak mungkin suatu saat Indonesia benar-benar memiliki sawah di luar angkasa.