Pesantren Pabelan Magelang

Pesantren Pabelan Magelang

Profil

Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan berada di bawah naungan Yayasan Wakaf Pondok Pabelan. Didirikan oleh K.H. Hamam Dja’far pada tanggal 28 Agustus 1965, Pondok Pesantren Pabelan terletak di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tepatnya berada di jalan yang menghubungkan antara Yogyakarta dan Semarang. Kira-kira 35 kilometer dari arah Yogyakarta, 4 kilometer dari Muntilan dan 12 kilometer dari Kota Magelang. Pesantren Pabelan juga terletak di tepi jalur lalu lintas pariwisata Yogyakarta dan Borobudur. Jarak Pabelan ke Candi Borobudur adalah sekitar 9 kilometer.

Pondok Pesantren Pabelan merupakan lembaga pendidikan yang telah mengalami sejarah panjang. Keberadaannya seperti sekarang ini merupakan kebangkitan yang ketiga. Cikal bakal Pondok Pesantren Pabelan dimulai pada tahun 1800-an, ditandai dengan kegiatan mengaji yang dirintis oleh Kiai Raden Muhammad Ali. Tapi kemudian terhenti setelah terjadi perang Diponegoro (1825-1830) hingga waktu yang panjang. Kemudian, pada tahun 1900-an Pondok Pesantren Pabelan ini bangkit kembali di bawah asuhan Kiai Anwar dan dilanjutkan oleh Kiai Anshor. Namun kemudian Pondok Pabelan kembali mengalami kevakuman. Akhirnya, pada tanggal 28 Agustus 1965, salah seorang keturunan perintis Pondok Pesantren Pabelan, Hamam Dja’far, mendirikan kembali Pondok Pabelan dengan sistem dan kurikulum yang lebih modern, diberi nama Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan.

Pondok Pesantren Pabelan menyelenggarakan pendidikan untuk santri putra dan putri selama 6 tahun bagi lulusan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan selama 4 tahun bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pendidikan formal yang digunakan adalah Kulliyatul Mu’allimien al-Islamiyah (KMI), yang sudah disetarakan dengan SMU berdasarkan SK Mendiknas. Di Pondok Pesantren Pabelan, para santri akan secara otomatis juga mengikuti program pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Selain itu, Pondok Pesantren Pabelan juga menyelenggarakan Kelas Takhassus (selama 1 tahun), bagi para santri yang berasal dari SMP atau berkeinginan memperdalam pengetahuan agama, sebagai persiapan masuk kelas 4 KMI atau setara dengan Kelas 1 Madrasah Aliyah.


Pengasuh

  1. K.H. Hamam Dja’far
  2. KH Ahmad Najib Amin Hamam
  3. KH Ahmad Mustofa

 

Pendidikan

Pondok Pesantren Pabelan dalam pengembangan pendidikannya membuka beberapa unit pendidikan sebagai berikut:       

Pendidikan Formal
1. MTs
2. MA 


Pendidikan Non Formal
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidzil Qur'an
3. Takhassus


Ekstrakurikuler

  1. Taklimul Qur’an
  2. Tahfidzul Qur’an
  3. Kitab Kuning
  4. Muhadloroh (Pidato 3 bahasa; Indonesia, Arab, dan Inggris)
  5. Pramuka
  6. Marching Band
  7. Jurnalistik
  8. Muhadatsah
  9. Seni Bela Diri
  10. Micro Teaching
  11. International Award for Young People
  12. Pertukaran Pelajar
  13. Kebugaran Fisik
  14. Keputrian

 

 

Fasilitas

  1. Masjid
  2. Asrama
  3. Gedung Sekolah
  4. Perpustakaan
  5. Laboratotium Komputer
  6. Laboratorium Bahasa
  7. Laboratorium Tata Busana
  8. Laboratorium IPA
  9. Koperasi
  10. Kantin
  11. Balai Kesehatan
  12. Sarana Olahraga
  13. Studio Musik
  14. Dapur Umum
  15. Kantin
     

Alamat

Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Kode Pos:  56551

Telepon: (0293) 782040

Email: supportpabelan@gmail.com

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : http://pabelan.or.id


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

Alumni Pesantren Pabelan Magelang