Surat Kabar Cina Kritik Aplikasi Milik Apple Inc, Ini Alasannya

 
Surat Kabar Cina Kritik Aplikasi Milik Apple Inc, Ini Alasannya

TEMPO.CO, Jakarta - People’s Daily yang merupakan surat kabar milik Partai Komunis Cina melakukan kecaman terhadap perusahaan teknologi Apple Inc. Pasalnya, aplikasi milik Apple yang ada di app store yang bisa digunakan oleh para demonstran untuk melacak pergerakan polisi di sekitar Hong Kong.

Situs People’Daily mengatakan Apple tidak merasa benar atau salah dan mengabaikan kebenaran. Adanya aplikasi yang saat ini tersedia di Apple app-store Hongkong dinilai telah membuka pintu bagi kekejaman para pengunjuk rasa.

“Membiarkan perangkat lunak beracun sama dengan mengkhianati perasaan orang-orang Cina,” tulis surat kabar itu, Selasa (8/10) kemarin. Apple tidak menanggapi komentar tersebut.

Selain itu, People’s Daily tidak secara langsung menyebutkan nama aplikasi tetapi mengecam keterlibatan Apple dan mempertanyakan apakah Apple telah berpikir jernih dengan membantu para pengunjuk rasa.

Di dalam app store, terdapat aplikasi peta bernama HKmap.live. Pengembang aplikasi ini belum mau berkomentar terkait kecaman yang dimuat People’s Daily. Sebelumnya dalam sebuah kicauan pada Sabtu, 5 Oktober 2019, tim pengembang aplikasi HKmap.live mengatakan Apple memiliki banyak pertimbangan bisnis.

Apple merupakan perusahaan asing terbaru yang mendapat protes sehubungan dengan unjuk rasa pro-demokrasi di Hongkong yang telah berlangsung empat bulan.

Sebelumnya, National Basketball Associational (NBA) dan Vans, sebuah merek produk olahraga asal Amerika Serikat juga terlibat dalam kontroversi ini.

(Sumber gambar: aastocks.com)