Santri Agribisnis Sirajul Huda Mulai Persiapkan Lahan Jelang Musim Hujan

Santri Agribisnis Sirajul Huda Mulai Persiapkan Lahan Jelang Musim Hujan

LOMBOK TENGAH  | Menyambut musim hujan yang akan segera tiba, siswa – Siswi jurusan Agribisnis Tanaman Pangan (ATPH) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Sirajul Huda Paok Dandak Desa Durian Kecamatan Janapria mulai mempersiapkan lahan pertanian mereka untuk segera ditanami aneka macam tanaman seperti sayur mayur dan palawija.

“Untuk tanaman cabe dan tomat kita baru selesai, hari ini kita sedang mempersiapkan musim tanam baru, sembari menunggu hujan turun” Jelas Nurudin Pembimbing Kelas Agribisnis.

Nurudin menjelaskan, untuk musim tanam tahun ini, ia mengarahkan siswa untuk bereksperimen bertanam 3 jenis tanaman pangan unggul yakni jagung hibrida, padi hitam dan padi merah ditambah dengan sayur-sayuran.

“Karena jurusan mereka ATPH, kita utamakan membudidayakan tanaman utama seperti jagung, padi hitam dan merah. Sementara jenis tanaman lain tetap di budidayakan namun sebagai tambahan pelajaran saja” jelas Nurudin.

Kepala SMK Islam Sirajul Huda Suhaili, M. Si dalam kesempatan yang sama menambahkan, program bertani langsung di lapangan lebih ditekankan untuk siswa kelas dua dan kelas tiga sementara untuk kelas satu masih praktik pembibitan di screenhouse.

“Untuk kelas satu kita fokuskan mereka bisa melakukan pembibitan disemua jenis tanaman pangan dan holti. Baik dengan cara tradisional dan modern” Ungkapnya.

Selain bertanam di sekolah, pihak Pesantren juga mengarahkan siswa-siswi ATPH Sirajul Huda untuk bisa bertani dirumah masing-masing walaupun hanya dengan menggunakan polybag. Sehingga setiap siswa minimal memiliki 10 polybag yang berisi tanaman untuk memenuhi kebutuhan keluarga dirumah.

“Dari kelas satu mereka sudah kita ajarkan cara praktis bertanan menggunakan palybag atau bertanam dengan sistem hidrophonik. Dengan itu, orang tua mereka tidak perlu ke pasar untuk sekadar kebutuhan cabe, tomat ataupun sayur mayur” Kata Suhaili.

Saat ini, SMK Islam Sirajul Huda Paok Dandak adalah satu-satunya SMK Pertanian di Lombok Tengah yang terlihat eksis. Jurusan ATPH hanya menerima 3 kelas dengan 20 siswa perkelas. Jurusan yang dibuka SMK Islam Sirajul Huda pada tahun 2014 ini telah 2 kali meluluskan siswa. Sebagian besar siswanya penjadi petani mandiri dan sebagian lagi melanjutkan ke Perguruan Tinggi. []