Pesantren Aulia Cendekia Palembang

Pesantren Aulia Cendekia Palembang
Profil
Pesantren Aulia Cendekia didirikan oleh H. Hendra Zainuddin pada 2007. Sebagai lembaga pendidikan Islam, misi pesantren Aulia Cendekia adalah mencetak kader ulama yang cendekia dan sekaligus hafal al-Qur’an beserta ulum al-Qur’an yang nantinya diharapkan mampu berkiprah dalam masyarakat. Keberadaan pesantren Aulia Cendekia ini sangat diharapkan oleh masyarakat kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarame Palembang sebab belum ada lembaga pendidikan Islam sejenis yang ada di kelurahan ini.
 
Sebagai lembaga pendidikan Islam pencetak para hafidz-hafidzah dan sekaligus mampu menjawab dinamika dan tantangan masyarakat global di pesantren Aulia Cendekia selain diselenggarakan pendidikan menghafal serta mengkaji ulum al-Qur’an dan kitab kuning juga dilaksanakan jenjang pendidikan formal, mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan Madrasah Aliyah (setingkat SMA). Hingga saat ini (2011) usia pesantren Aulia Cendekia tergolong masih sangat muda. Memasuki usia 4 (empat) tahun, civitas pesantren Aulia Cendekia telah berbenah diri.
 
Dalam mengelola pesantren ini telah diterapkan manajemen modern dan membangun networking dengan lembaga lain, khususnya Departemen Agama dan Pemerintah Daerah. Salah satu realisasi kerjasama pesantren Aulia Cendekia dengan Departemen Agama RI, pada tahun 2008 ini Departemen Agama RI memberikan ”amanah” pembangunan sarana fisik Gedung Madrasah Tsanawiyah melalui Pogram Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Indonesian-Australian. Melalui Pogram Madrasah Tsanawiyah Satu Atap ini semakin mempercepat kemajuan proses pembelajaran ini di pesantren Aulia Cendekia. 

Pengasuh : KH. Hendra Zainuddin, S.Ag., M.Pd.I 

Pendidikan
Pesantren Aulia Cendekia memiliki lembaga pendidikan mulai dari TK, RA, MI, MTs, dan MA.  
Pendidikan Formal
1. TK Aulia Cendekia RA Aulia Cendekia di dirikan pada tahun 2016 yang berlokasi di kampus B pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Sukarami Palembang.
2. MI. Aulia Cendekia MI Aulia Cendekia di dirikan pada tahun 2008 yang berlokasi di kampus A pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Sukarami Palembang, kemudian pindah ke
3. MTs. Aulia Cendekia MTs Aulia Cendekia di dirikan pada tahun 2009 yang berlokasi di kampus B pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Sukarami Palembang
4. MA. Aula Cendekia MA Aulia Cendekia di dirikan pada tahun 2009 yang berlokasi di kampus B pesantren Aulia Cendekia Talang Jambe Sukarami Palembang

Pendidikan Informal
1. Madrasah Diniyah Aulia Cendekia MD di laksanakan setelah pulang sekolah pukul 14.00-15-00 WIB, bagi santri yang masuk pagi,
dan sebelum sekolah formal bagi yang masuk siang diniah pada pukul 11.00-12.00 WIB.
Pendidikan Nonformal
1. Tahfidz Program tahfidz terbagi dua macam, pertama khusus santri yang mau menjadi hafidz dengan adanya target hafalan, kedua hafalan bagi seluruh santri tanpa terkecuali satu tahu harus hafal satu juz, bagi santri yang mukim.
2. Pengajian bakda subuh
3. Pengajian bakda maghrib

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. hadroh Hadroh yang selalu tampil setiap ada acara.
2.  Tahfidz           
3. Beladiri Ada tiga perguruan pencak sialt Tapak Suci, Cimande, dan PSHT
4. Bahasa Arab            
5. Drum band           
6. Pramuka           
7. Membaca Qur’an Tartil           
8. Entrepreneurship           
9. Komputer           
10. Olahraga

Alamat
Jln. AMD Rt. 12 Rw. 03 Kel. Talang, Sumatera Selatan Kec. Sukarami 30155
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://www.auliacendekia.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Aulia Cendekia Palembang