Biografi Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi

 
Biografi Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Pendiidkan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Kiprah di Nahdlatul Ulama
3.2  Memajukan Perempuan Nahdliyin
3.3  Menjadi Anggota DPR RI

4.    Karir-Karir
5.    Penghargaan
6.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi lahir 4 Juni 1940 di Jombang. Beliau merupakan putri kedua dari KH. Wahid Hasyim dan Nyai Hj. Sholichah Munawwaroh Wahid Hasyim. Saudara-saudara beliau antara lain:

  1. KH. Abdurrahman Wahid,
  2. KH. Salahuddin Wahid,
  3. KH. Umar Wahid,
  4. Nyai Lily Chodijah Wahid,
  5. KH. Hasyim Wahid.

1.2 Wafat
Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi wafat pada Kamis 8 Maret 2018 di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan, sekitar pukul 12.50 WIB. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman keluarga di area MQ Tebuireng.

Warga NU berduka atas kepergian beliau yang banyak mengajarkan bagaimana kemandirian perempuan harus terwujud sebagai pondasi kemajuan sebuah bangsa

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Dalam perjalanan kehidupannya, beliau selalu berpindah-pindah tempat tinggal, pada usia tiga tahun, Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi mengikutinya orang tuanya pindah ke Jakarta. Namun, karena situasi saat itu belum aman karena pendudukan Nippon atau Jepang, Nyai Aisyah diajak ibunya Nyai Hj. Sholichah Wahid Hasyim kembali ke Jombang.

Kembali ke Jombang bagi Nyai Aisyah bisa kembali merasakan tanah kelahiran sekaligus menempa diri di pesantren. Hingga ayahnya, KH. Wahid Hasyim diangkat menjadi menteri agama pada 1945, Nyai Aisyah masih mengikuti pendidikan di Jombang.

Setelah situasi normal di Jakarta pada 1950, Nyai Aisyah sekeluarga diboyong ke Jakarta. Ketika sedang menikmati kehidupan bersama keluarga, Nyai Aisyah harus menghadapi situasi tidak mudah ketika ayahnya KH. Wahid Hasyim meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di daerah Cimahi pada 1953.

Sebagai putri tertua, sejak saat itu Nyai Aisyah memahami dan sadar, dirinya harus dapat berperan sebagai seorang ibu bagi keempat adiknya Salahuddin Wahid, Umar Wahid, Lily Chodijah Wahid, dan Hasyim Wahid. Hal itu dilakukan ketika sang ibu dan kakaknya Abdurrahman Wahid pas sibuk kegiatan di luar.

Kondisi demikian ditambah tempaan luar biasa dari sang ibu, Nyai Aisyah Hamid Baidlowi menjelma sebagai perempuan tangguh, disiplin, dan pengayom. Berawal dari didikan sang ibu dan memahami kiprah luar biasa sang ayah, Nyai Aisyah mempunyai bekal penting untuk berperan dalam kehidupan yang lebih luas lagi.

beliau  sadar akan kiprah kedua kakeknya KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Bisri Syansuri untuk NU dan Indonesia. Di antara pesan para orang tuanya kepada Nyai Aisyah ialah agar selalu mencintai NU. Secara khusus, Nyai Aisyah mendapat pesan dari ibunya agar menjaga Muslimat NU.

2.2 Guru-Guru

  1. Hadratusyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari (kakek),
  2. KH. Bisri Syansuri,
  3. KH. Abdul Wahid Hasyim (ayah),
  4. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) (kakak),

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Kiprah di Nahdlatul Ulama
Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi memulai perannya dengan menjabat Ketua Fatayat NU Wilayah DKI Jakarta (1959-1962) di usia 19 tahun. Dari sini, meskipun Nyai Aisyah termasuk keturunan darah biru NU, ia tetap menjalani proses kaderisasi dari tingkat bawah. Baginya, proses berjenjang dalam aktif di organisasi akan menempa seseorang menjadi lebih matang.

Selanjutnya, beliau dipercaya sebagai Bendahara Fatayat NU di tingkat pusat pada 1962-1967. Meskipun memangku kedudukan inti di PP Fatayat, tidak menghalangi dirinya untuk aktif juga di jajaran Muslimat NU. Saat itu Muslimat di bawah kepemimpinan Nyai Hj. Machmudah Mawardi beliau membantu Muslimat NU di bidang sosial. Atas pengabdiannya di bidang sosial tersebut, ia diangkat menjadi Sekretaris II Pimpinan Pusat Muslimat NU.

Kemudian pada Kongres Muslimat NU di Probolinggo tahun 1984, Nyai Aisyah diangkat menjadi Ketua III PP Muslimat NU. Lalu pada Kongres berikutnya tahun 1989 di Kaliurang, Yogyakarta, ia diangkat sebagai Ketua II PP Muslimat NU.

Puncaknya, ketika Kongres Muslimat NU 1995 di Jakarta, dia terpilih sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muslimat NU melalui proses yang sangat demokratis. Ketika, ia bersaing dengan budhenya sendiri Nyai Hj. Machfudhoh Aly Ubaid, putri KH. Abdul Wahab Chasbullah, tokoh pendiri NU sekaligus salah yang membidani kelahiran Muslimat NU.

3.2 Memajukan Perempuan Nahdliyin
Bagi Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi menakhodai Muslimat NU adalah memikul pesan sang ibu untuk menjaga Muslimat NU. Bekal kepemimpinannya dari tingkat bawah menjadi modal penting menggerakkan organisasi perempuan terbesar di Indonesia ini menjadi organisasi mandiri, maju, dan modern.

Kiprahnya untuk memajukan perempuan Nahdliyin dan perempuan Indonesia pada umumnya sesungguhnya dimulai ketika ia diamanahi Ketua Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) periode 1990-1995. Tentu jabatan ini diembannya sebelum ia memimpin Muslimat NU. Representasi kemandirian perempuan NU menjadi bekal berharga untuk memajukan KOWANI sebagai organisasi perempuan dari beragam perkumpulan.

Di Muslimat sendiri, kiprah luar biasa yang terlihat saat ini merupakan gambaran kesuksesannya mempimpin Muslimat. Dalam memimpin Muslimat, ia mengutamakan pemberdayaan ekonomi dengan mendorong Muslimat agar tidak hanya menjadi konsumen, tetapi juga harus menjadi produsen.

Prinsip kemandirian ini betul-betul diwujudkan oleh Nyai Aisyah agar taraf hidup perempuan beserta keluarganya terbangun dengan baik. Hal ini juga sebagai langkah menciptakan kemandirian dan kreativitas perempuan Indonesia secara umum. Di antara program ekonomi yang sukses dilakukannya adalah pendirian koperasi di berbagai daerah.

Pada periode kepemimpinannya, Nyai Aisyah berhasil mendirikan 107 koperasi primer yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dan tiga Pusat Koperasi dan Induk Koperasi Annisa (Inkopan). Tak hanya meletakkan dasar program-program pemberdayaan ekonomi, tetapi juga mendirikan lembaga pendidikan dan kesehatan serta merealisasikan pendirian Pusdiklat Muslimat NU di Pondok Cabe, Tangerang Selatan yang kala itu digagas oleh Ketua Umum sebelumnya, Hj. Asmah Sjachruni.

3.3 Menjadi Anggota DPR RI
Di bidang politik, Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi pernah menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI selama tiga periode 1997-2009.

Semasa jabatannya, ada salah satu peran beliau yang cukup penting. Beliau termasuk perempuan yang membidani lahirnya Undang-Undang Perhajian Nomor 17 tahun 1999. Beliau menginginkan perhajian harus transparan dan UU tersebut menjadi payung hukum pertama perhajian di Indonesia.

4. Karir-Karir
Dalam perjalanan kariernya, Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi telah memulai karienya sejak tahun 1995 sampai 2013. Catatan karier beliau sebagai berikut:

  1. Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU periode 1995-2000.
  2. Ketua Umum PP Muslimat NU,
  3. Nyai Aisyah juga pernah menduduki Ketua Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) 1990-1995,
  4. Anggota DPR RI tiga periode (1997-2009),
  5. Pengurus Dewan Pimpinan MUI (1995-2000),
  6. Ketua Umum DPP Pengajian Al-Hidayah (2000-2010),
  7. Ketua Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (1999-2013).

5. Penghargaan
Atas kipra dan prestasi Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi, beliau diganjar sejumlah penghargaan di antaranya dari:

  1. Yayasan Asma Indonesia (1990),
  2. Manggala Karya Kencana Kelas I dari Menteri Negara Kependudukan/Kepala BKKBN (1997),
  3. Honorary Award of the Realization of World Peace and the Promotion of Education and Culture dari Soka University, Tokyo (2001).

6. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: Radar Jombang

Sebelumnya artikel ini dibuat pada tanggal 4 Juni 2023 dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 8 Maret 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya