Biografi Sayyid Ibrohim Wonosobo

 
Biografi Sayyid Ibrohim Wonosobo

Daftar Isi Profil Sayyid Ibrohim Wonosobo

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Pendiri NU Cabang Wonosobo
  5. Sosok Pendakwah
  6. Mursyid Thoriqoh
  7. Karomah

Kelahiran

Ibrahim bin Ali bin Hasyim Ba'abu atau yang kerap disapa dengan panggilan Sayyid Ibrohim pada tahun 1864 M, di Kauman Wonosobo. Beliau merupakan putra ketiga dari tiga bersaudara, dari pasangan Ali bin Hasyim dengan Syarifah Khotijah.

Sayyid Ibrohim masih termasuk dari kalangan ahlul bait (keluarga Rasulullah SAW) yang bermarga Ba'bud Kharbasan sebuah marga dalam keturunan Rasulullah SAW, atau orang sering menyebutnya dengan Sayyid atau Habib yang menunjukkan bahwa beliau mempunyai kedudukan tersendiri di mata umat Islam.

Gelar Sayyid diberikan kepada beliau setelah masyarakat mengetahui kealiman dari beliau serta termasuk dalam jajaran ahlul bait. Dilahirkan sebagai anak ketiga dari tiga bersaudara semenjak kecil telah mendapat pendidikan ilmu agama dari orang tuanya dengan belajar mengaji.

Wafat

Ketika suasana Indonesia telah semakin mereda dengan kekalahan penjajah Belanda dari rakyat Indonesia. Sayyid Ibrohim kemudian kembali ke daerah Kauman Wonosobo dan menetap disana hingga wafatnya pada bulan Sya'ban tahun 1948. Jenazah beliau dimakamkan di makam keluarga Maron (belakang kampung Longkrang) Wonosobo. Khaul beliau dilaksanakan setiap tahun pada Minggu awal bulan Sya'ban dengan dihadiri oleh Jama'ah dan keluarganya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya