Keutamaan Ali

  1. Hadis:

    كَأَنِّيْ قَدْ دُعٍيْتُ فَأَجَبْتُ إِنِّيْ تَارِكٌ فِيْكُمُ الثَّقَلَيْنِ أَحَدُهُمَا أَكْبَرُ مِنَ الآخَرِ كِتَابُ اللهِ وَعِتْرَتِيْ أَهْلُ بَيْتِيْ فَانْظُرُوْا كَيْفَ تَخْلُفُوْنِيْ فِيْهِمَا. فَإِنَّهُمَا لَنْ يَتَفَرَّقَا حَتَّى يَرِدَا عَلَيَّ عَلَى الحَوْضِ. إِنَّ اللهَ مَوْلَايَ وَأَنَا مَوْلَى كُلِّ مُؤْمِنٍ. مَنْ كُنْتُ مَوْلَاهُ فَهَذَا مَوْلَاهُ اللَّهُمَّ وَالِ مَنْ وَالَاهُ وَعَادِ مَنْ عَادَاهُ

    Artinya:
    "Seandainya aku dipanggil (Allah) maka aku menjawab (kematian), aku tinggalkan di tengah-tengah kamu dua hal yang sangat berat; yang satu lebih berat Dari yang lain: Kitabullah (Al-Qur'an) dan ahli keluargaku. Maka perhatikanlah bagaimana (mungkin) kalian akan mengganJikan aku untuk keduanya, padahal keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya menemui disebuah telaga. Sesungguhnya Allah pemimpinku dan aku pemimpin orang-orang yang beriman. Siapa yang (menjadikan) aku pemimpinnya, maka Ali (juga) adalah pemim­pinnya. Ya Allah pimpi makanlah orang yang menjadikannya (Ali) pemimpin dan musuhilah orang yang memusuhinya."

    Asbabul Wurud:
    Bahwa Usamah telah berkata: "Aku ini bukanlah pemimpin, pemim- pinku adalah Rasulullah SAW", kemudian Rasulullah SAW bersabda seperti yang tersebut dalam Hadis ini.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN