Asbabun Nuzul Surat At-Taubah Ayat 102

Ayat ini turun berkenaan dengan Abu> Luba>bah dan sembilan orang temannya yang mengikat diri di masjid untuk menunjukkan penyesalan mereka akibat tidak turut serta dalam Perang Tabuk bersama Nabi.

  1. عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قال: كَانُوْا عَشَرَةَ رَهْطٍ تَخَلَّفُوْا عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم فِيْ غَزْوَةِ تَبُوْكَ، فَلَمَّا حَضَرَ رُجُوْعُ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَوْثَقَ سَبْعَةٌ مِنْهُمْ أَنْفُسَهُمْ بِسَوَارِي الْمَسْجِدِ، وَكَانَ مَمَرَّ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا رَجَعَ مِنَ المَسْجِدِ عَلَيْهِمْ، فَلَمَّا رَآهُمْ قَالَ: (مَنْ هَؤُلاَءِ المُوَثِّقُونَ أنْفُسَهُمْ بِالسَّوَارِي؟) قَالُوْا: هَذَا أَبُوْ لُبَابَةَ وَأَصْحَابٌ لَهُ، تَخَلَّفُوْا عَنْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَحَلَفُوْا لَا يُطْلِقُهُمْ أَحَدٌ حَتَّى تُطْلِقَهُمْ وَتَعْذُرَهُمْ. فقال النبي عليه الصلاة والسلام: (وأنا أُقْسِمُ باللّهِ لا أُطْلِقُهُمْ وَلا أَعْذِرُهُمْ حَتَّى يَكُوْنَ اللَّهُ هُوَ الَّذِي يُطْلِقُهُمْ وَيَعْذُرٌهُمْ، رَغِبُوا عَنِّي وَتَخَلَّفُوْا عَنِ الغَزْوِ مَعَ المُسْلِمِينَ) فَلَمَّا بَلَغَهُمْ ذَالِكَ، قَالُوْا :نَحْنُ واللهِ لَا نُطْلِقُ أَنْفُسَنَا حَتَّى يَكُوْنَ اللهُ هُوَ الَّذِي يُطْلِقُنَا. فَأَنْزَلَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى: (وآخَرُونَ اعْتَرَفُوا بِذُنُوبِهِمْ خَلَطُوا عَمَلاً صَالِحًا وَآخَرَ سَيِّئًا عَسَى اللَّهُ أَنْ يَتُوْبَ عَلَيْهِمْ إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ الرَّحِيْمُ) فَلَمَّا نَزَلَتْ أَرْسَلَ إِلَيْهِمُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم فَأَطْلَقَهُمْ وَعَذَرَهُمْ. (1)

    Ibnu ‘Abba>s berkata, “Ada sepuluh orang yang dengan sengaja tidak ikut Perang Tabuk bersama Nabi s}allalla>hu ‘alaihi wasallam . Ketika Rasulullah hampir sampai di Madinah, tujuh dari mereka mulai mengikat diri di pagar masjid, tempat yang biasa Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam lewati sepulang dari masjid. Begitu melihat mereka, beliau bertanya, ‘Siapakah orang-orang yang mengikat diri di pagar masjid itu?’ Para sahabat menjawab, ‘Mereka adalah Abu> Luba>bah dan kawan-kawannya yang tidak ikut Perang Tabuk bersamamu, wahai Rasulullah. Mereka bersumpah tidak akan melepaskan ikatan itu dari tubuh mereka kecuali engkau membebaskan dan memaafkan mereka.’ Nabi berkata, ‘Demi Allah, aku tidak akan membebaskan dan memaafkan mereka hingga Allah sendiri yang membebaskan dan memaafkan mereka. Mereka nyata-nyata tidak menyukaiku dan enggan berperang bersama kaum muslim yang lain.’ Mendengar kabar tersebut, mereka berkata, ‘Kalau begitu, kami tidak akan melepaskan diri sampai Allah sendiri yang membebaskan kami.’ Tak lama setelah itu turunlah ayat, wa a>kharu>na‘tarafu> biz\unu>bihim khalat}u> ‘amalan s}a>lih}an wa a>khara sayyi’an ‘asalla>hu an yatu>ba ‘alaihim innalla>ha gafu>run rah}i>m. Begitu ayat ini turun, Nabi segera mengutus seseorang untuk membebaskan dan menyampaikan pemberian maafnya kepada mereka.”

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Hasan; diriwayatkan oleh at}-T{abariy dan Ibnu Abi> H{a>tim dari jalur Abu> S}a>lih} dari Mu‘a>wiyah bin S{a>lih} dari ‘Aliy bin Abi> t}alh}ah dari Ibnu ‘Abba>s. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n, juz 11, hlm. 651; Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, juz 6, hlm. 1872, riwayat nomor 10303. Abu> S{a>lih} adalah Abu> S}a>lih} al-Mis}riy. Menurut Ibnu H{ajar, Abu> S}a>lih} adalah seorang perawi yang s}adu>q, namun sesekali salah dalam menukilkan hadis, demikian pula Mu‘a>wiyah bin S{a>lih}. Sanad hadis ini dinilai hasan misalnya oleh H{ikmat bin Basyi>r bin Ya>si>n, Mausu>‘ah as}-S{ah}i>h}} al-Masbu>r, (Madinah: Da>r al-Ma’a>s\ir, cet. 1, 1999), juz 2, hlm. 483; dan Abu> ‘Umar Na>di> bin Mah}mu>d H{asan al-Azhariy dalam al-Maqbu>l min Asba>b an-Nuzu>l, hlm. 388. Hadis ini disebutkan pula oleh al-Baihaqiy, Dala>’il an-Nubuwwah, juz 5, hlm. 271–272. Selain kepada tiga perawi ini, as-Suyu>t}iy juga menisbahkan riwayat di atas kepada Ibnu al-Munz\ir dan Ibnu Mardawaih. Lihat: ad-Durr al-Mans\u>r, juz 7, hlm. 506.