Asbabun Nuzul Surat Al-Isra' Ayat 110

Ayat ini turun untuk membimbing Nabi supaya membaca Al-Qur’an dengan suara sedang; tidak terlalu lantang dan tidak pula terlampau lirih.

  1. عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رضى الله عنهما فِي قَوْلِهِ تَعَالَى ‏(‏وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا‏)‏ قَالَ نَزَلَتْ وَرَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مُخْتَفٍ بِمَكَّةَ، كَانَ إِذَا صَلَّى بِأَصْحَابِهِ رَفَعَ صَوْتَهُ بِالْقُرْآنِ فَإِذَا سَمِعَهُ الْمُشْرِكُونَ سَبُّوا الْقُرْآنَ وَمَنْ أَنْزَلَهُ، وَمَنْ جَاءَ بِهِ، فَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى لِنَبِيِّهِ صلى الله عليه وسلم ‏(‏وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ‏)‏ أَىْ بِقِرَاءَتِكَ، فَيَسْمَعَ الْمُشْرِكُونَ، فَيَسُبُّوا الْقُرْآنَ، (‏وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا‏)‏ عَنْ أَصْحَابِكَ فَلاَ تُسْمِعُهُمْ (‏وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلاً‏). (1)

    Mengisahkan sebab turunnya ayat wa la> tajhar bis}ala>tika wala> tukha>fit biha>, Ibnu ‘Abba>s berkata, “Ayat ini turun ketika Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam berdakwah secara sembunyi-sembunyi di Mekah. Pada saat itu, tiap kali salat bersama para sahabat, beliau selalu membaca Al-Qur’an dengan suara lantang. Begitu mendengar bacaan Al-Qur’an, orang-orang musyrik mencemooh Al-Qur’an, Tuhan yang menurunkannya, dan orang yang menyampaikannya (yakni: Nabi Muhammad). Allah lalu berfirman, wa la> tajhar bis}ala>tika; jangan lantangkan suaramu dalam membaca Al-Qur’an. Jangan sampai kaum musyrik mendengarnya supaya mereka tidak mencemoohnya, wa la> tukha>fit biha>; jangan pula engkau membaca terlampau lirih sehingga para sahabat tidak dapat mendengar suaramu, wabtagi baina z\a>lika sabi>la>; usahakanlah jalan tengah di antara keduanya.”

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Diriwayatkan oleh al-Bukha>riy dan Muslim. Lihat: al-Bukha>riy, S{ah}i>h}} al-Bukha>riy, dalam Kita>b at-Tafsi>r, Ba>b Wala> Tajhar bi S{ala>tik wa la> Tukha>fit biha>, hlm. 1172, hadis nomor 4722; Muslim, S{ah}i>h}} Muslim, dalam Kita>b as}-S{ala>h, Ba>b at-Tawas}s}ut fi> al-Qira>’ah fi> as}-S}ala>h al-Jahriyyah, hlm. 329, hadis nomor 446.