Asbabun Nuzul Surat Al-Kahf Ayat 28 - Larangan Meninggalkan Tamu Demi Menyambut Kedatangan Para Pembesar atau Pejabat

Ayat ini turun untuk memberi arahan kepada Rasulullah agar dengan setia melayani maksud kedatangan para sahabatnya dan tidak meninggalkan mereka hanya demi menyambut kedatangan para pembesar kaum kafir.

  1. عَنْ خَبَّابٍ فِي قَوْلِهِ تَعَالَى (وَلَا تَطْرُدْ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ إِلَى قَوْلِهِ فَتَكُونَ مِنْ الظَّالِمِينَ) قَالَ جَاءَ الْأَقْرَعُ بْنُ حَابِسٍ التَّمِيمِيُّ وَعُيَيْنَةُ بْنُ حِصْنٍ الْفَزَارِيُّ فَوَجَدَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَعَ صُهَيْبٍ وَبِلَالٍ وَعَمَّارٍ وَخَبَّابٍ قَاعِدًا فِي نَاسٍ مِنْ الضُّعَفَاءِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ فَلَمَّا رَأَوْهُمْ حَوْلَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقَرُوهُمْ فَأَتَوْهُ فَخَلَوْا بِهِ وَقَالُوا إِنَّا نُرِيدُ أَنْ تَجْعَلَ لَنَا مِنْكَ مَجْلِسًا تَعْرِفُ لَنَا بِهِ الْعَرَبُ فَضْلَنَا فَإِنَّ وُفُودَ الْعَرَبِ تَأْتِيكَ فَنَسْتَحْيِي أَنْ تَرَانَا الْعَرَبُ مَعَ هَذِهِ الْأَعْبُدِ فَإِذَا نَحْنُ جِئْنَاكَ فَأَقِمْهُمْ عَنْكَ فَإِذَا نَحْنُ فَرَغْنَا فَاقْعُدْ مَعَهُمْ إِنْ شِئْتَ قَالَ نَعَمْ قَالُوا فَاكْتُبْ لَنَا عَلَيْكَ كِتَابًا قَالَ فَدَعَا بِصَحِيفَةٍ وَدَعَا عَلِيًّا لِيَكْتُبَ وَنَحْنُ قُعُودٌ فِي نَاحِيَةٍ فَنَزَلَ جِبْرَائِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام فَقَالَ (وَلَا تَطْرُدْ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ مَا عَلَيْكَ مِنْ حِسَابِهِمْ مِنْ شَيْءٍ وَمَا مِنْ حِسَابِكَ عَلَيْهِمْ مِنْ شَيْءٍ فَتَطْرُدَهُمْ فَتَكُونَ مِنْ الظَّالِمِينَ) ثُمَّ ذَكَرَ الْأَقْرَعَ بْنَ حَابِسٍ وَعُيَيْنَةَ بْنَ حِصْنٍ فَقَالَ (وَكَذَلِكَ فَتَنَّا بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لِيَقُولُوا أَهَؤُلَاءِ مَنَّ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنْ بَيْنِنَا أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَعْلَمَ بِالشَّاكِرِينَ) ثُمَّ قَالَ (وَإِذَا جَاءَكَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِنَا فَقُلْ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ كَتَبَ رَبُّكُمْ عَلَى نَفْسِهِ الرَّحْمَةَ) قَالَ فَدَنَوْنَا مِنْهُ حَتَّى وَضَعْنَا رُكَبَنَا عَلَى رُكْبَتِهِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْلِسُ مَعَنَا فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُومَ قَامَ وَتَرَكَنَا فَأَنْزَلَ اللَّهُ (وَاصْبِرْ نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلَا تَعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ) وَلَا تُجَالِسْ الْأَشْرَافَ (تُرِيدُ زِينَةَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلَا تُطِعْ مَنْ أَغْفَلْنَا قَلْبَهُ عَنْ ذِكْرِنَا) يَعْنِي عُيَيْنَةَ وَالْأَقْرَعَ (وَاتَّبَعَ هَوَاهُ وَكَانَ أَمْرُهُ فُرُطًا) قَالَ هَلَاكًا قَالَ أَمْرُ عُيَيْنَةَ وَالْأَقْرَعِ ثُمَّ ضَرَبَ لَهُمْ مَثَلَ الرَّجُلَيْنِ وَمَثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا قَالَ خَبَّابٌ فَكُنَّا نَقْعُدُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا بَلَغْنَا السَّاعَةَ الَّتِي يَقُومُ فِيهَا قُمْنَا وَتَرَكْنَاهُ حَتَّى يَقُومَ. (1)

    Menjelaskan sebab turunnya firman Allah, wala> tat}rudil-laz\i>na yad‘u>na rabbahum bil-gada>ti wal-‘asyiyyi ... hingga firman-Nya, fataku>na minaz}-z}a>limi>n, Khabba>b (bin al-Aratt) berkata, “al-Aqra’ bin H{a>bis at-Tami>miy dan ‘Uyainah bin H{is}n al-Faza>riy mendatangi Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam yang saat itu sedang bersama S{uhaib, Bila>l, ‘Amma>r, dan Khabba>b. Mereka melihat bagaimana Rasulullah duduk bersama orang-orang mukmin yang miskin. Melihat orang-orang itu di sekeliling Nabi, keduanya pun mencela mereka. Keduanya lalu mengajak Nabi pergi meninggalkan mereka. Keduanya berkata, ‘Kami ingin sekali engkau menyediakan majelis khusus untuk kami agar orang-orang Arab tahu keutamaan kami. Ada banyak utusan dari kabilah-kabilah Arab yang datang mengunjungimu. Kami malu sekali bila utusan-utusan itu datang lalu mendapati kami sedang duduk satu majelis bersama para budak ini. Karena itu, bila kami mengunjungimu, usirlah mereka dari tempat ini. Bila kami usai, silakan saja bila engkau ingin duduk bersama mereka.’ Beliau menjawab, ‘Baiklah.’ Mereka berkata, ‘Mari kita tulis kesepakatan yang telah kita capai!’ Nabi lalu meminta selembar kertas dan menyuruh ‘Aliy menulis kesepakatan itu, sementara itu kami duduk-duduk di sisi lain masjid. Jibril ‘alaihissala>m lalu datang untuk menyampaikan firman Allah, wa la> tat}rudil-laz\i>na yad‘u>na rabbahum bil-gada>ti wal-‘asyiyyi yuri>du>na wajhahu ma> ‘alaika min h}isa>bihim min sya’in wa ma> min h}isa>bika ‘alaihim min syai’in fatat}rudahum fataku>na minaz}-z}a>limin. Jibril juga menyinggung perihal al-Aqra’ bin H{a>bis dan ‘Uyainah bin H{is}n; ia menyampaikan firman Allah, wa kaz\a>lika fatanna> ba‘d}ahum biba‘d}in liyaqu>lu> aha>’ula>’i mannalla>hu ‘alaihim min bainina> alaisalla>hu bi’a‘lama bisy-sya>kiri>n. Jibril juga menyampaikan firman Allah, wa iz\a> ja>’akal-laz\i>na yu’minu>na bi’a>ya>tina> faqul sala>mun ‘alaikum kataba rabbukum ‘ala> nafsihir-rah}mah. Setelah itu kami mendekati beliau hingga lutut kami dan lutut beliau bersentuhan. Pada zaman dahulu, ketika Rasulullah duduk bersama kami lalu hendak meninggalkan majelis, beliau berlalu begitu saja meninggalkan kami (yakni berpamitan sebelum para sahabat meninggalkan majelis itu). Allah lalu menurunkan ayat, was}bir nafsaka ma‘al-laz\i>na yad‘u>na rabbahum bil-gada>ti wal‘asyiyyi yuri>du>na wajhahu> wala> ta‘du ‘aina>ka ‘anhum. Allah mengingatkan beliau agar tidak menyambut kedatangan para pemuka kaum kafir hanya karena ingin mendapatkan perhiasan duniawi. Allah melanjutkan firman-Nya, turi>du zi>natal-h}aya>tid-dunya> wala> tut}i‘ man agfalna> qalbahu> ‘an z\ikrina>, yakni ‘Uyainah dan al-Aqra‘, wattaba‘a hawa>hu waka>na amruhu> furut}a>, yakni kebinasaan; itulah kejadian yang menimpa ‘Uyainah dan al-Aqra‘. Allah kemudian memberi gambaran dua orang tersebut dan permisalan kehidupan dunia. Setelah ayat itu turun, kami duduk bersama Nabi seperti biasa. Namun, bila waktu ketika beliau biasa beranjak telah tiba, kami pun berpamitan dan meninggalkan beliau, hingga akhirnya beliau beranjak.”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Sahih; diriwayatkan oleh Ibnu Ma>jah dan at}-T{abra>niy. Lihat: Ibnu Ma>jah, Sunan Ibni Ma>jah, dalam Kita>b Abwa>b az-Zuhd, Ba>b Muja>lasah al-Fuqara>’, hlm. 687, hadis nomor 4127; dan at}-T{abra>niy, al-Mu‘jam al-Kabi>r, juz 4, hlm. 75–76, hadis nomor 3693. Keduanya meriwayatkan hadis ini dari jalur yang sama, yakni dari Asba>t} bin Nas}r dari as-Suddiy dari Abu> Sa‘id al-Azdiy dari Abul Kunu>d dari Khabba>b. Al-Bazza>r mengatakan bahwa hadis ini dengan sanad begini hanya diriwayatkan melalui jalur ini. Para mufasir sepakat dengan makna yang dikandung hadis ini, demikian pula siya>q ayat di atas sesuai benar dengan apa yang disampaikan para mufasir. Inilah yang memperkuat kisah di atas sebagai sebab nuzul ayat ini. Lihat: Kha>lid bin Sulaima>n al-Mazi>niy, al-Muh}arrar fi> Asba>b Nuzu>l al-Qur’a>n, juz 1, hlm. 528 dan juz 2, hlm. 684.