Asbabun Nuzul Surat Al-Ankabut Ayat 8

Turunnya ayat ini dilatarbelakangi kejadian yang menimpa Sa‘d bin Abi> Waqqa>s}. Berhari-hari ibunya mogok makan untuk memaksanya keluar dari Islam.

  1. عَنْ سَعْدٍ بْنِ أَبِي الوَقَّاصِ أَنَّهُ نَزَلَتْ فِيهِ آيَاتٌ مِنَ الْقُرْآنِ قَالَ حَلَفَتْ أُمُّ سَعْدٍ أَنْ لاَ تُكَلِّمَهُ أَبَدًا حَتَّى يَكْفُرَ بِدِينِهِ وَلاَ تَأْكُلَ وَلاَ تَشْرَبَ‏.‏ قَالَتْ زَعَمْتَ أَنَّ اللَّهَ وَصَّاكَ بِوَالِدَيْكَ وَأَنَا أُمُّكَ وَأَنَا آمُرُكَ بِهَذَا‏.‏ قَالَ مَكَثَتْ ثَلاَثًا حَتَّى غُشِيَ عَلَيْهَا مِنَ الْجَهْدِ فَقَامَ ابْنٌ لَهَا يُقَالُ لَهُ عُمَارَةُ فَسَقَاهَا فَجَعَلَتْ تَدْعُو عَلَى سَعْدٍ فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ فِي الْقُرْآنِ هَذِهِ الآيَةَ ‏(وَوَصَّيْنَا الإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا‏)‏ (وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَى أَنْ تُشْرِكَ بِي)‏ وَفِيهَا ‏(وَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا). (1)

    Sa‘d bin Abi> Waqqa>s} bercerita bahwa ada beberapa ayat Al-Qur’an yang diturunkan berkenaan dengan dirinya. Ibunya bersumpah tidak akan berbicara dengannya dan tidak akan makan dan minum hingga Sa‘d keluar dari agamanya (Islam). Ibunya berkata, “Wahai Sa‘d, engkau mengatakan bahwa Allah memerintahmu untuk selalu menaati kedua orang tua. Aku ini ibumu, dan aku memerintahmu keluar dari Islam.” Ibu Sa‘d bertahan tidak makan dan minum selama tiga hari hingga lemas dan jatuh pingsan. Melihat ibunya pingsan, ‘Uma>rah, saudara Sa‘d, memberinya minum. Begitu siuman, sang ibu mendoakan hal-hal buruk kepada Sa‘d. Berkaitan dengan peristiwa ini Allah menurunkan ayat wawas}s}ainal-insa>na biwa>lidaihi h}usna> dan ayat wa in ja>hada>ka ‘ala> an tusyrika bi> … hingga firman-Nya, was}a>h}ibhuma> fid-dunya>’ ma‘ru>fa> (Luqma>n/31: 15).

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Diriwayatkan oleh Muslim, S{ah}i>h}} Muslim, dalam Kita>b Fad}a>’il as}-S{ah}a>bah, Ba>b Fad}i>lah Sa‘d bin Abi> Waqqa>s}, hlm. 1877, hadis nomor 1748. Ini merupakan penggalan dari hadis yang bercerita tentang beberapa ayat yang Allah turunkan terkait Sa‘d bin Abi> Waqqa>s}. Penggalan lainnya dapat dilihat dalam sebab nuzul Surah al-Ma>’idah/5: 90 dan al-Anfa>l/8: 1.