Asbabun Nuzul Surat Al-Ahzab Ayat 36
Zainab binti Jah}sy sangat ingin dinikahi oleh Nabi. Karena itu, ketika beliau justru memintanya untuk menikah dengan Zaid bin H{a>ris\ah, seorang budak yang dimerdekakan Nabi, ia menolak dengan tegas karena menganggap status sosialnya lebih tinggi daripada Zaid. Setelah ayat ini turun, Zainab pun rela menikah dengan Zaid.
-
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: خَطَبَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَيْنَبَ بِنْتَ جَحْشٍ لِزَيْدِ بْنِ حَارِثَةَ، فَاسْتَنْكَفَتْ مِنْهُ وَقَالَتْ: أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ حَسَبًا، وَكَانَتْ امْرَأَةً فِيْهَا حِدَّةٌ، فَأَنْزَلَ اللهُ: وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُوْلْهُ أَمْرًا ... إلى آخر الاَيَةَ. (1)
Ibnu ‘Abba>s berkata, “Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam meminta Zainab binti Jah}sy menikah dengan Zaid bin H{a>ris\ah, namun ia enggan menerima pinangan itu. Ia berkata (dengan tegas), ‘Kedudukanku (yakni: status sosialku) lebih tinggi daripada Zaid.’ Zainab memang dikenal sebagai wanita yang tegas. Allah lalu menurunkan firman-Nya, wama> ka>na limu’minin wala> mu’minatin iz\a> qad}alla>hu warasu>luhu amran … hingga akhir ayat.”
Sumber artikel:
Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017
(1) Hasan; diriwayatkan oleh at}-T{abariy dari jalur Abu> ‘Ubaid al-Was}a>fiy dari Muh}ammad bin H{imyar dari Ibnu Lahi>‘ah dari Ibnu Abi> ‘Amrah dari ‘Ikrimah dari Ibnu ‘Abba>s. Ah}mad Sya>kir menilai sanad riwayat ini baik dan didukung oleh riwayat dari jalur Muja>hid, Qata>dah, dan Muqa>til bin H{ayya>n. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n, juz 20, hlm. 272; Ah}mad Sya>kir, ‘Umdah at-Tafsi>r, juz 3, hlm. 50. at}-T{abra>niy dan al-Baihaqiy juga meriwayatkan kisah yang sama, meski dengan redaksi dan sanad yang berbeda. Pada sanad keduanya terdapat perawi bernama H{afs} bin Sulaima>n yang sangat lemah (matru>k). Namun demikian, at}-T{abra>niy juga meriwayatkan kisah yang sama dari jalur Muja>hid dengan beberapa sanad yang di antaranya merupakan rangkaian para perawi kitab s}ah}i>h}}, demikian kata al-Hais\amiy. Sementara itu, setelah menyebut riwayat ini, al-Baihaqiy mengatakan bahwa meski sanad hadis ini tidak bisa dijadikan hujah, namun telah masyhur bahwa ayat ini turun terkait Zainab bin Jah}sy. Lihat: at}-T{abra>niy, al-Mu‘jam al-Kabi>r, juz 24, hlm. 39–40, riwayat nomor 109 dan hlm. 45, riwayat nomor 123–124; al-Baihaqiy, as-Sunan al-Kubra>, juz 7, hlm. 221, hadis nomor 13782; al-Hais\amiy, Majma‘ az-Zawa>’id, juz 7, hlm. 149, riwayat nomor 11275 dan juz 9, hlm. 290–291, riwayat nomor 15344.