Asbabun Nuzul Surat Yasin Ayat 12

Banyak sahabat Ansar yang tinggal jauh dari Masjid Nabawi. Mereka pun ingin pindah agar dekat dengan masjid. Allah lalu menurunkan ayat ini untuk menjelaskan bahwa setiap langkah mereka menuju masjid akan dicatat sebagai kebaikan di sisi Allah.

  1. عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ كَانَتْ بَنُو سَلِمَةَ فِي نَاحِيَةِ الْمَدِينَةِ فَأَرَادُوا النُّقْلَةَ إِلَى قُرْبِ الْمَسْجِدِ فَنَزَلَتْ هَذِهِ الآيَةُ ‏:‏ ‏(‏إنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَى وَنَكْتُبُ مَا قَدَّمُوا وَآثَارَهُمْ ‏)‏ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ‏"‏إِنَّ آثَارَكُمْ تُكْتَبُ ‏فَلَا تَنْتَقِلُوا‏". (1)

    Abu> Sa‘i>d al-Khudriy berkata, “Bani Salimah tinggal di pinggir kota Madinah. Karena itu, mereka ingin pindah ke tempat yang lebih dekat dengan Masjid Nabawi, lalu turunlah firman Allah, inna> nah}nu nuh}yil-mauta wanaktubu ma> qaddamu> wa a>s\a>rahum. Usai ayat ini turun, Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Jejak langkah kalian menuju masjid akan ditulis (sebagai amal baik dalam buku catatan amal kalian) sehingga kalian tidak usah pindah tempat tinggal.’”

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Sahih; diriwayatkan oleh at-Tirmiz\iy, Sunan at-Tirmiz\iy, dalam Kita>b at-Tafsi>r, Ba>b wa min Su>rah Ya>si>n, hlm. 729, hadis nomor 3226. Hadis dengan informasi yang sama juga diriwayatkan oleh Ibnu Ma>jah dari Sima>k bin H{arb dari ‘Ikrimah dari Ibnu ‘Abba>s. Sima>k bin H{arb merupakan perawi yang diperdebatkan ke-s\iqah-annya. Ibnu Ma‘i>n dan Abu> H{a>tim menganggapnya s\iqah, namun menurut Ah}mad, ia kurang konsisten dalam meriwayatkan hadis (mud}t}arib al-h}adi>s\). Menengahi kedua pendapat ini, Ya‘qu>b bin Syaibah mengatakan bahwa Sima>k memang kurang bagus periwayatannya dari ‘Ikrimah, tapi tidak dari perawi yang lain. Dengan demikian, sanad hadis Ibnu Ma>jah dinilai sahih. Lihat: Ibnu Ma>jah, Sunan Ibni Ma>jah, tah}qi>q Muh}ammad Fu’a>d ‘Abdul-Ba>qi>, (Beirut: Da>r Ih}ya>’ al-Kutub al-‘Arabiyyah, t.th.), dalam Kita>b al-Masa>jid, Ba>b al-Ab‘ad fa al-Ab‘ad min al-Masjid, juz 1, hlm. 258, hadis nomor 785.