Asbabun Nuzul Surat Al-An'am Ayat 108
Mulanya, sambil menyebarkan Islam, beberapa sahabat Nabi s}allalla>hu ‘alaihi wasallam menghina sesembahan kaum musyrik. Merasa terganggu dengan tindakan tersebut, mereka mengancam akan berbalik memaki Allah. Ayat ini lalu turun untuk melarang cara dakwah yang demikian.
-
عَنِ ابْنِ عَبّاسٍ، فِيْ قَوْلِهِ تَعَالَى: (وَلا تَسُبُّوا الّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُون الله فَيَسُبّوا اللّهَ عَدْوًا بغيرِ عِلْمٍ) قال: قَالُوْا: يَا مُحَمَّدُ، لَتَنْتَهِيَنَّ عَنْ سَبِّ أَوْ شَتْمِ آلِهَتِنَا أَوْ لَنَهْجُوَنَّ رَبَّكَ، فَنَهَاهُمُ اللهُ تَعَالَى أَنْ يَسُبُّوْا أَوْثَانَهُمْ فَيَسُبُّوْا اللهَ عَدْواً بِغَيْرِ عِلْمٍ. (1)
Terkait latar belakang turunnya firman Allah wala> tasubbul-laz\i>na yad‘u>na min du>nilla>hi, Ibnu ‘Abba>s berkata, “Suatu hari kaum kafir Mekah berkata kepada Rasulullah s}allalla>hu ‘alaihi wasallam, “Berhentilah memaki dan menghujat Tuhan kami, wahai Muhammad! Bila tidak, pasti akan kami hujat Tuhanmu.” Karena itulah Allah melarang umat Islam mencela berhala-berhala kaum musyrik agar mereka tidak membalas dengan memaki Allah secara zalim dan tanpa berdasar pengetahuan.”
Sumber artikel:
Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017
(1) Hasan; diriwayatkan oleh at}-T{abariy dan Ibnu Abi> H{a>tim secara maus}u>l dari jalur ‘Aliy bin Abi> T{alh}ah dari Ibnu ‘Abba>s. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n ‘an Ta’wi>l a>y al-Qur’a>n, juz 9, hlm. 480; Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, hlm. 1366, hadis nomor 7760. Hadis ini mempunyai sya>hid dengan sanad yang mursal namun sahih—para perawinya juga merupakan perawi-perawi al-Bukha>riy dan Muslim—yang diriwayatkan oleh at}-T{abariy dan Ibnu Abi> H{a>tim dari jalur Qata>dah. Lihat: at}-T{abariy, Ja>mi‘ al-Baya>n ‘an Ta’wi>l a>y al-Qur’a>n, juz 9, hlm. 480; Ibnu Abi> H{a>tim, Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Az}i>m, hlm. 1366, hadis nomor 7761. Lihat pula: Ibra>hi>m Muh}ammad al-‘Aliy, S{ah}i>h}} Asba>b an-Nuzu>l, hlm. 113; Abu> ‘Umar Na>di>, al-Maqbu>l min Asba>b an-Nuzu>l, hlm. 324. Secara tekstual riwayat ini tidak secara tegas menceritakan sebab turunnya ayat di atas, namun secara konteks tampak adanya kesesuaian yang sangat erat antara keduanya.