Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 158

Sa‘i antara Safa dan Marwah merupakan salah satu syiar yang Allah lestarikan hukumnya. Ayat ini turun untuk menjawab keraguan sebagian kaum muslim untuk sa‘i antara kedua bukit tersebut karena khawatir dianggap mengikuti perilaku kaum jahiliah

  1. عَنْ عُرْوَةَ أَنَّهُ قَالَ: قُلتُ لِعَائِشَةَ زَوْجِ النبيِّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، وأَنَا يَومَئذٍ حَديثُ السِّنِّ: أرَأَيْتِ قَوْلَ اللَّهِ تَبَارَكَ وتَعَالَى: (إنَّ الصَّفَا والْمَرْوَةَ مِن شَعَائِرِ اللَّهِ فمَن حَجَّ البَيْتَ أوِ اعْتَمَرَ فلا جُنَاحَ عليه أنْ يَطَّوَّفَ بهِمَا). فَما أُرَى علَى أحَدٍ شيئًا أنْ لا يَطَّوَّفَ بهِمَا؟ فَقالَتْ عَائِشَةُ: كَلَّا، لو كَانَتْ كما تَقُولُ، كَانَتْ: فلا جُنَاحَ عليه أنْ لا يَطَّوَّفَ بهِمَا، إنَّما أُنْزِلَتْ هذِه الآيَةُ في الأنْصَارِ، كَانُوا يُهِلُّونَ لِمَنَاةَ، وكَانَتْ مَنَاةُ حَذْوَ قُدَيْدٍ، وكَانُوا يَتَحَرَّجُونَ أنْ يَطُوفُوا بيْنَ الصَّفَا والمَرْوَةِ، فَلَمَّا جَاءَ الإسْلَامُ سَأَلُوا رَسولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ عن ذلكَ، فأنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى: (إنَّ الصَّفَا والمَرْوَةَ مِن شَعَائِرِ اللَّهِ فمَن حَجَّ البَيْتَ أوِ اعْتَمَرَ فلا جُنَاحَ عليه أنْ يَطَّوَّفَ بهِمَا). (1) عَنْ عَاصِمِ بْنِ سُلَيْمَانَ قَالَ سَأَلْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ رَضِىيَ الله عَنْهُ عَنِ الصَّفَا وَالْمَرْوَةِ،‏‏ فَقَالَ كُنَّا نَرَى أَنَّهُمَا مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ، فَلَمَّا كَانَ الإِسْلاَمُ أَمْسَكْنَا عَنْهُمَا، فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى (‏إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ فمَن حَجَّ البَيْتَ أوِ اعْتَمَرَ فلا جُنَاحَ عليه أنْ يَطَّوَّفَ بهِمَا)‏‏.‏ (2)

    ‘Urwah berkata, “Aku bertanya kepada ‘A<’isyah rad}iyalla>hu ‘anha>, istri Rasulullah shallalla>hu ‘alaihi wasallam —ketika itu aku masih kecil, ‘Bagaimana pandanganmu tentang firman Allah, innas}-s}afa> wal-marwata min sya‘a>’irilla>h? Menurutku, tidaklah mengapa bila seseorang tidak melakukan sa‘i di antara kedua tempat itu.’ ‘A<’isyah menjawab, ‘Maksud ayat ini tidaklah demikian. Ayat ini turun terkait kaum Ansar; dahulu (sebelum Islam) mereka melakukan suatu ritual yang dipersembahkan kepada Mana>t (nama sebuah berhala) yang terletak sejajar dengan Qudaid. Karena itu, mereka keberatan untuk sa‘i di antara Safa dan Marwah. Ketika Islam datang, mereka menanyakan hal itu kepada Rasulullah, lalu Allah menurunkan firman-Nya, innas}-s}afa> wal-marwata min sya‘a>’irilla>h.”

    ‘An berkata, “Aku bertanya kepada Anas bin Ma>lik tentang Safa dan Marwah. Ia menjawab, ‘Dulu kami menganggap sa‘i antara kedua bukit tersebut sebagai perbuatan jahiliah. Karena itu, begitu Islam datang, kami keberatan untuk sa‘i di antara keduanya. Allah lalu menurunkan firman-Nya, innas}-s}afa> wal-marwata min sya‘a>’irilla>h.”

    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Diriwayatkan oleh al-Bukha>riy, S{ah}i>h al-Bukha>riy, dalam Kita>b al-‘Umrah, Ba>b Yaf'al bi al- ‘Umrah ma> Yaf'al bi al-H{ajj, hlm. 431, hadis nomor 1790 dan dalam Kita>b at-Tafsi>r, Ba>b Qaulih Inna as}-S}afa> wa al-Marwah, hlm. 1102, hadis nomor 4495; Muslim, S{ah}i>h Muslim, dalam Kita>b al-H{ajj, Ba>b Baya>n Anna as-Sa'y Baina as}-S}afa> wa al-Marwah Rukn, juz 2, hlm. 928, hadis nomor 1277.

    (2) Diriwayatkan oleh al-Bukha>riy, S{ah}i>h al-Bukha>riy, dalam Kita>b at-Tafsi>r, Ba>b Qaulih Inna as}-S{afa> wa al-Marwah, hlm. 1102, hadis nomor 4496; Muslim, S{ah}i>h Muslim, dalam Kita>b al-H{ajj, Ba>b Baya>n Anna as-Sa‘y Baina as}-S}afa> wa al-Marwah Rukn, juz 2, hlm. 930, hadis nomor 1278.