Asbabun Nuzul Surat Al-Anfal Ayat 67 - Tawanan Perang tidak Boleh Dibunuh, tapi Dibebaskan dengan Tebusan

Ketika paman Rasulullah sallallahu ‘alaihi wasallam, al-‘Abbas bin ‘Abdul Muttalib, ditawan oleh pasukan muslim bersama beberapa pasukan kafir lainnya, beliau meminta pendapat para sahabat mengenai apa yang harus dilakukan kepada para tawanan itu, dibunuh ataukah dibebaskan dengan tebusan. Pada akhirnya beliau memilih pendapat kedua. Demikianlah latar belakang turunnya ayat di atas.

  1. عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: لمَاَّ أُسِرَ الْأُسَارَى يَوْمَ بَدْرٍ، أُسِرَ الْعَبَّاسُ فِيْمَنْ أُسِرَ، أَسَرَهُ رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ، قَالَ: وَقَدْ أَوْعَدَتْهُ الْأَنْصَارُ أَنْ يَقْتُلُوْهُ. فَبَلَغَ ذَلِكَ النَّبِيَّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنِّيْ لَمْ أَنَمِ اللَّيْلَةَ مِنْ أَجْلِ عَمِّي الْعَبَّاسِ، وَقَدْ زَعَمَتِ الْأَنْصَارُ أَنَّهُمْ قَاتِلُوْهُ. فَقَالَ لَهُ عُمَرُ: أَفَآتِهِمْ؟ فَقَالَ: نَعَمْ. فَأَتَى عُمَرُ الْأَنْصَارَ فَقَالَ لَهُمْ: أَرْسِلُوْا الْعَبَّاسَ. فَقَالُوْا: لَا وَاللهِ لَا نُرْسِلُهُ. فَقَالَ لَهُمْ عُمَرُ: فَإِنْ كَانَ لِرَسُوْلِ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رِضًى؟ قَالُوْا: فَإِنْ كَانَ لِرَسُوْلِ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رِضًى فَخُذْهُ. فَأَخَذَهُ عُمَرُ، فَلَمَّا صَارَ فِيْ يَدِهِ قَالَ لَهُ: يَا عَبَّاسُ، أَسْلِمْ، فَوَاللهِ لَأَنْ تُسْلِمَ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ يُسْلِمَ الْخَطَّابُ، وَمَا ذَاكَ إِلَّا لمَاَّ رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ إِسْلَامُكَ. قَالَ: وَاسْتَشَارَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبَا بَكْرٍ فِيْهِمْ، فَقَالَ أَبُوْ بَكْرٍ: عَشِيْرَتُكَ فَأَرْسِلْهُمْ، فَاسْتَشَارَ عُمَرُ، فَقَالَ: اُقْتُلْهُمْ، فَفَادَاهُمْ رَسُوْلُ اللهِ َصَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَأَنْزَلَ الله: (مَا كَانَ لِنَبِيٍّ أَنْ يَكُونَ لَهُ أَسْرَى حَتَّى يُثْخِنَ فِي الأرْضِ ...). (1)

    Ibnu ‘Umar mengisahkan, “Ada beberapa pasukan kafir yang ditawan oleh pasukan muslim usai Perang Badar, ‘Abbas (paman Nabi) adalah salah satunya. Ia berhasil ditangkap dan ditawan oleh seorang Ansar. Kaum Ansar mengancam akan membunuhnya. Mendengar hal itu Nabi bersabda, ‘Semalam aku tidak bisa tidur karena memikirkan nasib pamanku, al-‘Abbas. Aku dengar kaum Ansar mengancam akan membunuhnya.’ ‘Umar menawarkan diri dan berkata, ‘Haruskah aku temui mereka?’ ‘Ya,’ jawab Rasulullah. ‘Umar kemudian pergi menemui kaum Ansar. Kepada mereka ia berkata, ‘Bebaskanlah ‘Abbas!’ Mereka menjawab, ‘Tidak! Demi Allah, kami tidak akan membebaskannya.’ ‘Umar kembali berkata, ‘Bagaimana kalau itu perintah Rasulullah?’ Mereka menjawab, ‘Jika itu perintah Rasulullah, ambillah.’ ‘Umar lalu menarik ‘Abbas seraya berkata, ‘Masuk Islamlah, wahai Abbas! Keislamanmu lebih aku sukai bahkan dibanding keislaman ayahku. Yang demikian itu karena aku tahu betapa Rasulullah begitu berharap engkau masuk Islam.’ Rasulullah kemudian meminta pendapat Abu Bakr mengenai para tawanan itu. Ia berkata, ‘Mereka adalah keluarga besarmu. Karena itu, bebaskanlah mereka.’ Beliau lalu minta pendapat ‘Umar. Ia berkata, ‘Bunuhlah mereka.’ (Setuju dengan pendapat Abu Bakr), Rasulullah lalu membebaskan para tawanan itu dengan tebusan. Berkaitan dengan hal ini Allah menurunkan firman-Nya, ma kana linabiyyin an yakuna lahu asra.”


    Sumber artikel:
    Buku Asbabul Nuzul: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur'an
    Buku disusun oleh Muchlis M. Hanafi (ed.)
    Buku diterbitkan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI, 2017


    (1) Sahih; disebutkan oleh Ibnu Kasir dari riwayat Ibnu Mardawaih. Hadis dengan sanad yang sama namun dengan redaksi yang lebih singkat diriwayatkan pula oleh al-Hakim. Ia mengatakan bahwa sanad hadis ini sahih. az-Zahabiy setuju dengannya dan menilai hadis ini sahih berdasarkan syarat Muslim. Lihat: Ibnu Kasir, Tafsir al-Qur’an al-‘Azim, juz 4, hlm. 89; al-Hakim, al-Mustadrak, dalam Kitab at-Tafsir, Bab Tafsir Surah al-An‘am, juz 2, hlm. 359, hadis nomor 3270. Redaksi yang lebih singkat lagi disebutkan oleh Abu Dawud, Sunan Abi Dawud, dalam Kitab al-Jihad, Bab fi Fida’ al-Asir bi al-Mal, hlm. 303, hadis nomor 2690.