Hikmah

 

Kisah Karomah Tuan Guru Haji Ahmad Tretetet

Nama beliau adalah Tuan Guru Haji Ahmad, tapi beliau lebih familiar dengan nama "Tuan Guru Tretetet". Gelar "Tretetet" itu konon disematkan padanya karena beliau gemar tertawa, dan suara tawa beliau serupa itu. Beliau adalah seorang waliyullah, Kekasih Allah, Murobbi Mursyid tanpa murid, Tuan Guru tanpa pesantren.

Makna Karomah Lebih Luas

Ada karomah yang lebih besar dan luas lagi dari pada karomah hissi (panca Indra) yaitu karomah Maknawi (karomah ilmu).

Pembawa Al-Qur’an adalah Pembawa Panji Islam

"Hamalah" adalah kata plural dari kata Hamil yang berarti pembawa. Jadi Hamalatul Qur'an berarti para pembawa al-Qur' an.

Upaya Setan Merobek Iman Seorang Muslim

Disebutkan dalam suatu hadits: ketika seseorang sedang dicabut ruhnya, maka datanglah setan, lalu duduk di dekat kepala orang itu, sera berkata: “Tinggalkan agama ini, katakan bahwa Tuhan itu ada dua, sehingga kamu selamat dari kesakitan”.

Gus Baha: Kadang Masalah Itu Hanya Perlu Dibiarkan

Gus Baha menegaskan bahwa terkadang masalah itu sebaiknya hanya perlu dibiarkan saja, karena nanti akan berpotensi menimbulkan masalah baru. Sebab, masalah yang ada tersebut terkadang hanya bagian dari sunnatullah sehingga tidak perlu semua masalah harus diselesaikan yang kemudian hanya menimbulkan permasalahan baru.

Karomah KH. Abdullah Schal Bangkalan Madura

KH. Abdullah Schal bin Ny. Romlah binti KH. Imron bin KH. M. Kholil (Mbah Kholil) bin KH. Abdul Latief dikenal sebagai seorang ulama yang doanya mandih pangocep (cepat diijabah) oleh Allah SWT. Apa yang dikatakannya bisa terjadi, atas izin Allah Swt.

Mbah Kiai Maimoen Zubair Pernah Jelaskan Keistimewaan Lafadz ‘Allah’

Menurut Mbah Kiai Maimoen Zubair atau Moen Allahummaghfirlahu, lafadz الله terdiri atas empat huruf, yakni alif (ا), lam (ل), lam (ل), dan ha (هـ). Tidak ada satupun yang sama dengan Allah, begitu juga tidak ada nama yang sama dengan Allah.

Sifat-Sifat Keteladanan Abuya Habib Hasan Baharun

Agar kita lebih jelas akan dipaparkan sifat-sifat tersebut serta contoh-contoh sebagian peristiwa serta kehidupan beliau sehingga kita dapat meniru sifat dan sikap keteladanan beliau yang juga senantiasa ditanamkan bagi santri-santrinya.

Kisah Nenek yang Rela Menabung Hanya untuk Hadiri Haul Abah Guru Sekumpul

Acara Haul Abah Guru Sekumpul setiap tahun selalu ramai dan terus bertambah, di mana bagi para pecintanya momen haul tersebut terkadang selalu mereka upload ke media sosial sebagai tanda mereka sangat bangga memiliki ulama karismatik yang terkenal di dunia. Hingga berita ini sampai lah kepada seorang nenek dari luar pulau Kalimantan.

Catat, Ini 42 Rahasia Dahsyatnya Membaca Shalawat Nabi

Syekh Abdul Qodir Al-Jailani, qoddasalloh sirrohu, memberi nasihat: “Ketahuilah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah salah satu ibadah paling mulia, bentuk ketaatan paling luhur, ibadah yang paling tinggi nilainya yang diperintahkan Allah SWT kepada kita, sebagai bentuk penghormatan, pemuliaan dan pengagungan terhadap derajat beliau.