Kitab Al Madkhol Ila Madzhab Imam As Syafi’i

ID Kitab29
PengarangDr. Akrom Yusuf Umar al QowasimiyTahun Terbit Masehi/Hijriah2002/1422
PenerbitDaar An NafaisFan/KategoriFiqh dan Qowaid Fiqh
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kandungan  Kitab al-Madkhal ila Mazhab al-Imam al-Syafi’i menghimpunkan kajian lengkap mengenai kehidupan al-Imam Abu Abdullah Muhammad bin Idris al-Syafi’i (150-204H), yang merangkumi sejarah hidup dan perkembangan keilmuannya.

Kitab al-Madkhal ila Madzhab Imam as Syafi’i merupakan kitab yang tersusun dari hasil penelitian desertasi seorang cendekiawan sekaligus ulama yang bernama Dr. Akrom Yusuf Umar al Qowasimiy di Universitas Yordania Kota Amman Yordania. Sesuai dengan namanya, kitab ini merupakan pengantar madzhab Imam Syafi’i, yang berisikan dua bab pokok.
Bab awal terdiri dari tiga pasal.

Pasal pertama memuat tentang biografi Imam Syafi’i mulai kelahirannya di Gaza pada tahun 150 H hingga wafatnya di Mesir pada tahun 204 H, yang terbagi dalam delapan tahap. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian Imam Syafi’i.
Kemudian pada pasal kedua membahas tentang ilmu-ilmu Imam Syafi’i, penjelasan tentang fiqih, prinsip-prinsip Imam Abu Hanifah dan Imam Malik bin Anas, pengetahuan Imam Syafi’i tentang fiqih kedua Imam al Awza’i serta Imam Laits bin Saad. Pada pasal ini penulis mencoba mengorek keluasan ilmu dan ketekunan Imam Syafi’i.
Selanjutnya pada pasal ketiga yakni yang terakhir dari bab pertama menyajikan karya-karya Imam Syafi’i, baik yang hilang, dicetak, atau masih dalam bentuk manuskrip hingga saat penulisan kitab ini.

 

Pada bab kedua dalam kitab ini membahas secara detail tentang Madzhab Imam Syafi’i yang terdiri dari dua pasal.
Pasal pertama  yang merupakan bagian yang terpenting dan terpanjang termasuk presentasi tentang perkembangan sejarah bagi madzhab Syafi’i dengan membaginya menjadi enam priode. Hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi muncul dan menyebarnya berbagai sekte, cara penetapan dan non-penghapusan hukum bersamaan dengan definisi para tokoh-tokoh madzhab Syafi’i yang paling menonjol dalam setiap periodenya, serta menjelaskan bagaimana upaya mereka dalam melayani pengikut mereka.

 Adapun pasal kedua menyajikan sebagian besar terminologi ulama Syafi’i dalam kitab-kitab mereka serta meruntutkan karya-karya fundamental mereka yang beredar pada saat penulisan kitab ini. Kemudian di akhir pembahasan penulis memberikan kesimpulan atas hasil penelitiannya.

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab  Al Madkhol ila Madzab Imam As Syafi'i  yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!