Kitab Hushunul Mani'ah ala Aisyah

ID Kitab33
PengarangSyekh Muhammad Arif bin Ahmad bin Sa’id al Munayyar al Husaini al DimasyqiTahun Terbit Masehi/Hijriah2004 M/1425 H
PenerbitDaar Al Kutub al ImiyahFan/KategoriSejarah
Download Kitab Download Informasi buku tersebut dapat diperoleh di :

Kitab al Hushunul Mani’ah fi Baro`atil Asiyah as Siddhiqoh merupakan kitab karangan Syekh Muhammad Arif bin Ahmad bin Sa’id al Munayyar al Husaini al Dimasyqi. Beliau termasuk ulama terkemuka bermadzhab Syafi’i.

Kitab ini merupakan kitab sejarah, yakni tentang sejarah kejadian hadist ifki (insiden kepalsuan) ummul mu`minin Sayyidah Aisyah RA. Insiden ifki (kepalsuan) yang dituduhkan kepada Sayyidah Aisyah istri Nabi SAW dijelaskan secara gamblang dan detail oleh penulis dalam kitab ini.
 Lebih khususnya, kitab ini berisikan sanggahan-sanggahan terhadap pandangan golongan Syi’ah dan pernyataan kesalahan yang mereka buat, yakni dalam hal menuduhkan kepalsuan kepada Sayyidah Aisyah RA dan juga kepada para Sahabat Nabi yang lain bahkan pada Nabi SAW.

Penulis juga memberikan dasar hukum atas sanggahannya dari al Qur’an, Hadist, Ijma dan Qiyas. Selain itu, penulis juga menjelaskan tentang siapa golongan Syi’ah dan juga sekte-sektenya. Secara garis besar kitab ini terdiri dari pembukaan, kemudian isi yang berupa 22 bab dan penutup.  

Baik, itu tadi sekilas resensi dari kitab Hushunul Mani'ah ala Aisyah yang bisa kami bagikan. Semoga apa yang sudah dibagikan dan Sampaikan bisa bermanfaat.


Simak Video bermanfaat lainnya di kanal Youtube LADUNI.ID! Subscribe!